Rabu 29 Jun 2022 21:53 WIB

Bagas/Fikri Genapi Ganda Putra Indonesia ke Babak 16 Besar Malaysia Open 2022

Bagas/Fikri menyusul seniornya, Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian.

Red: Endro Yuwanto
Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana.
Foto: AP/Aaron Favila
Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi ganda putra Indonesia ketiga yang ikut melaju ke babak 16 besar Malaysia Open 2022 menyusul dua seniornya, yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang lebih dulu lolos. Baru berlaga pada Rabu (29/6/2022), Bagas/Fikri memenangi babak pertama dalam dua gim langsung 21-19, 21-6 atas pasangan Jones Ralfy Jansen/Jan Colin Voelker dari Jerman.

"Tadi di gim pertama adaptasinya di lapangan masih agak lama sehingga sempat tertinggal jauh. Tapi dari situ, Koh Ar (Aryono Miranat) minta untuk lebih tenang lagi. Fokus satu poin demi satu poin akhirnya bisa mengejar," ujar Fikri lewat pesan tertulis PP PBSI di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Bagas/Fikri butuh waktu cukup lama untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan pada gim pertama. Hal ini menyebabkan juara All England 2022 ini banyak kehilangan poin, bahkan sempat tertinggal 11-16 sebelum berhasil mengejar dan membalikkan keadaan.

"Gim pertama kami main terlalu terburu-buru. Setelah tertinggal kami coba main setenang dan sesabar mungkin. Lawan juga akhirnya banyak mati-mati sendiri," ujar Bagas menuturkan.

Pada gim kedua, permainan Bagas/Fikri lebih berkembang. Ganda muda Indonesia itu bisa leluasa menerapkan strategi menyerang.

Dengan kemenangan Bagas/Fikri, ganda putra menempatkan semua wakilnya ke babak kedua ajang bulu tangkis level BWF Super 750 ini.

"Ganda putra kali ini hanya tiga pasangan yang bertanding. Biasanya kan ada enam pasangan, nyawanya banyak. Tapi kami berharap siapapun itu bisa menyumbang gelar untuk Indonesia," kata Bagas soal harapannya.

Keberhasilan Bagas/Fikri juga diikuti pasangan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani, yang turut memastikan sektor ganda putra-putri Indonesia masih sempurna di babak 16 besar. Ribka/Febby mengatasi pasangan tuan rumah, Vivian Hoo/Lim Chiew Sien dengan skor 21-18, 21-17.

Hasil ini memastikan Ribka/Febby menyusul Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang sudah terlebih dulu menang pada Selasa.

"Hari ini kami masih penyesuaian dan lapangan dua itu memang sejak latihan kemarin paling susah diprediksi anginnya. Kalau ditanya masalah ikatan, kami sudah jauh lebih baik. Pola permainan dan komunikasi di lapangan juga sudah menyatu dan enak," jelas Ribka.

Untuk masalah target, Ribka/Febby ingin fokus satu demi satu pertandingan terlebih dulu dan mengeluarkan kemampuan terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement