Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

 

18 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jenderal Spesialis Pengungkap Tipidkor Pimpin Polda Lampung

Rabu 29 Jun 2022 15:18 WIB

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto

Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus sebagai Kapolda Lampung.

Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus sebagai Kapolda Lampung.

Foto: Istimewa
Sebelum menjadi Kapolda Lampung, Wiyagus banyak bergelut dalam penanganan tipikor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit, melantik Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus sebagai Kapolda Lampung. Pelantikan jenderal bintang dua yang memiliki keahlian dalam bidang reserse dengan spesialisasi tindak pidana korupsi (tipidkor) digelar di Ruang Rupatama Mabes Polri Jakarta, Rabu (29/6/2022) siang.

 

Selain Kapolda Lampung, Kapolri juga melantik sejumlah perwira tinggi (pati) lainnya,  diantaranya  Kakor Brimob, Komjen Pol Anang Revandoko, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Silitonga, Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Helmi Santika, dan Kapusdokes Irjen Pol Irjen Pol Asep Hendradiana. 

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, dalam keterangannya mengatakan, pelantikan tersebut tertuang dalam surat telegram No: ST/1213/VI/KEP./2022 hingga No : 1217/VI/KEP./2022. Selain melantik, serah terima, juga dilaksanakan Korps Raport kenaikan pangkat untuk beberapa golongan pangkat. Untuk pati mulai dari Brigjen,  Irjen, hingga Komjen sebanyak 15. Dengan rincian satu Komjen, dua Irjen, dan delapan Brigjen.

"Hari ini Bapak Kapolri melantik Dankor Brimob, Kapusdokkes, Kapolda Lampung, Kapolda Gorontalo, dan Kapolda Papua Barat," kata dia. 

Sebelum menjadi Kapolda Lampung, lulusan Akpol 1989 ini banyak bergelut dalam penanganan tipidkor. Dari 2004 hingga 2008 dia bertugas di lembaga antirasuah dengan jabatan Kasatgas Penyidik KPK hingga Direktur Pengaduan Masyarakat (Sumas). Selama sembilan tahun, dari 2010-2018, pria yang memiliki hobi bulutangkis dan bersepeda ini bertugas di Direktorat Tipidkor Mabes Polri. Jabatan yang pernah diembannya mulai dari Kanit, Kasubdit, Wadir Dit Tipidkor, hingga Direktur Tipidkor Bareskrim Mabes Polri. Ia kemudian dipromosikan menjadi Wakapolda Maluku, Wakapolda Jabar, Kapolda Gorontalo, dan Kapolda Lampung.

"Jabatan merupakan amanah yang harus saya pertanggungjawabkan," kata dia yang pernah menjabat Kapolres Sumedang. 

Wiyagus yang juga menjabat Ketua Umum PBSI Jabar untuk periode kedua ini dikenal sebagai polisi yang berintegeitas. Bahkan penyandang gelar doktor bidang ilmu hukum ini menjadi kandidat peraih Hoegeng Award kategori polisi berintegritas yang digagas sebuat portal berita nasional. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile