Rabu 29 Jun 2022 23:20 WIB

Ingatkan Ketidakadilan di Dunia Islam, Opisisi Turki Kutip Karl Marx 

Persoalan dunia Islam menurut oposisi Turki saat ini adalah ketidakadilan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi negara Turki. Persoalan dunia Islam menurut oposisi Turki saat ini adalah ketidakadilan
Foto: AP
Ilustrasi negara Turki. Persoalan dunia Islam menurut oposisi Turki saat ini adalah ketidakadilan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Pemimpin oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) Kemal Kılıçdaroğlu telah mengutip sosialis dan filsuf Karl Marx selama isu dan solusi dalam simposiun dunia Islam hari ini yang diselenggarakan oleh nasionalis Perapian Turki (Türk Ocakları). 

Di simposium tersebut, Kılıçdaroğlu menunjukkan bahwa sumber masalah utama dunia Islam adalah ketidakadilan.   

Baca Juga

"Oleh karena itu, satu-satunya solusi untuk masalah mendasar dunia Islam saat ini adalah keadilan," kata Kılıçdaroğlu seperti dikutip dari laman Duvar English, Rabu (29/6/2022).

Mengutip Karl Marx, Kılıçdaroğlu mengatakan, para filsuf sampai sekarang hanya menafsirkan dunia dengan berbagai cara. 

"Intinya, bagaimanapun adalah mengubahnya. Merujuk pada interpretasi luas kalimat ini, tugas utama kita para politisi adalah mengubah negara kita menjadi lebih baik," ujarnya.

Kılıçdaroğlu kemudian mengutip bagaimana Anda menyuruh orang melakukan apa yang benar dan lupa melakukannya sendiri meskipun membaca kitab suci.

"Tidakkah kamu mengerti dari Alquran. Ini ditujukan kepada rohaniawan Yahudi. Namun, ini adalah pesan untuk semua rohaniawan, semua gubernur, dan seluruh umat manusia," kata Kılıçdaroğlu.

Sementara itu, pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Sayap Kanan, Devlet Bahçeli pada 28 Juni mengkritik diundangnya Kılıçdaroğlu ke simposium.

"Saya sangat kesal. Saya ingin tahu apakah administrasi Turki tidak terganggu sama sekali atas (undangan Kılıçdaroğlu)?" kata Bahçeli.

Pengadilan Turki kemudian mengumumkan bahwa mereka membubarkan manajemen Istanbul yang mengundang Kemal Kılıçdaroğlu dan Wali Kota Istanbul Ekrem İmamoğlu dari CHP ke simposium.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement