Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Roy Suryo Bawa Lieus Sungkharisma Penuhi Panggilan Polda Soal Stupa Borobudur

Kamis 30 Jun 2022 07:32 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo

Politisi Partai Demokrat - Roy Suryo

Politisi Partai Demokrat - Roy Suryo

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Roy mengaku diperiksa sebagai saksi pelapor dalam kasus meme stupa Borobudur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo memenuhi panggilan polisi untuk diperiksa terkait laporannya terhadap tiga pengunggah pertama foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia diperiksa sebagai saksi pelapor kasus pelanggaran Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

 

"Saya selaku saksi dari pelapor yang namanya Pak Pitra Romadoni, mewakili kongres pemuda Indonesia," ujar Roy kepada wartawan, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga

Sementara itu, Pitra Romadoni mengatakan laporan yang dilayangkan pihaknya membuktikan Roy Suryo adalah korban. Dalam pemeriksaan hari ini, pihaknya turut membawa perwakilan dari umat Buddha, Lieus Sungkharisma untuk memberikan kesaksian bahwa Roy Suryo tidak bersalah.

"Maka dari itu, kita akan menjelaskan kepada penyidik dan undangan klarifikasi ini akan kita penuhi serta kita juga akan membawa ahli, dari umat Budha agar ini clear dan terang benderang," terang Pitra.

Dalam perkara ini, laporan Roy Suryo teregister dengan nomor LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 16 Juni 2022. Namun beberapa hari kemudian, giliran Roy Suryo dilaporkan ke polisi terkait meme tersebut. Tidak tanggung-tanggung ada dua laporan polisi dengan Roy Suryo sebagai terlapor.

Dalam kasus Roy Suryo sebagai terlapor, penyidik telah mengeluarkan surat perintah dimulainya penyidikan atau SPDP pada Selasa (28/6/2022) terhadap dua laporan tersebut. Sehingga dengan demikian laporan tersebut memenuhi unsur pidana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile