Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Universitas BSI Siapkan Karier Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah

Kamis 30 Jun 2022 08:17 WIB

Red: Hiru Muhammad

Sebelum memasuki dunia kerja, para lulusan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tidak hanya dituntut untuk lulus, hanya berbekal kecerdasan intelektual saja, namun juga harus memiliki kemampuan dasar dibidang yang dipilihnya.

Sebelum memasuki dunia kerja, para lulusan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tidak hanya dituntut untuk lulus, hanya berbekal kecerdasan intelektual saja, namun juga harus memiliki kemampuan dasar dibidang yang dipilihnya.

Foto: istimewa
Mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan lebih baik dan mudah mendapat pekerjaan

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG--Sebelum memasuki dunia kerja, para lulusan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tidak hanya dituntut untuk lulus, hanya berbekal kecerdasan intelektual saja, namun juga harus memiliki kemampuan dasar dibidang yang dipilihnya.

 

Berangkat dari hal itu, Universitas BSI mengadakan seminar karier yang digelar secara online melalui zoom, pada Kamis (27/7/2022) lalu, yang diikuti oleh ratusan peserta.

Baca Juga

Dalam seminar karier ini, Universitas BSI kampus Karawang mendatangkan Research and Development Corporate Scretary PT. Cyberindo Aditama, Achmad Yahya Sjarifuddin sebagai narasumber. 

Dengan pengalaman 22 tahun di bidang IT, Achmad memiliki pemahaman yang mendalam tentang passion yang harus dikembangkan mahasiswa untuk bersaing dalam dunia kerja dan keterampilan yang harus disiapkan mahasiswa, sebagai tuntutan kebutuhan sumber daya manusia, khususnya di bidang IT.

“Di dunia profesional IT dibutuhkan skill, knowledge dan attitude. Karena ketiga hal itu saling berkesinambungan. Jika salah satu dari ke tiga elemen itu tidak ada, seseorang akan kesulitan,” papar Achmad.

Ia menjelaskan, sertifikasi kompetensi juga dibutuhkan di dunia industri sebagai bukti tertulis, bahwa mahasiswa tersebut ahli di bidang tertentu.

Sementara itu, Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Karawang, Abdussomad dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022) mengatakan, selama menempuh pendidikan di Universitas, mahasiswa hanya diberikan bekal ilmu teori. Kemampuan dasar yang dimaksud antara lain pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude).

“Untuk mendapatkan ketiga hal tersebut, tidak semuanya dapat diberikan melalui perkuliahan formal. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa Universitas BSI mengenali minat mereka dalam dunia kerja, sharing experience dengan praktisi ahli, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri masing-masing,” kata Abdussomad.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan kali ini, mahasiswa bisa lebih terbuka kembali wawasannya dan memiliki keyakinan untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan, tidak harus menunggu kelulusan melainkan bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah proses PKL atau magang selesai.

 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile