Jumat 01 Jul 2022 09:20 WIB

Keputusan Erick Thohir Aktifkan Jalur KA di Sumbar Diapresiasi

Reaktivasi jalur KA sebagai upaya pemulihan ekonomi Sumbar melalui sektor pariwisata.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah
Andre Rosiade
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Andre Rosiade

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengapresiasi keputusan Menteri BUMN Erick Thohir menyetujui reaktivasi jalur kereta api (KA) lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban, Sumatra Barat (Sumbar). Reaktivasi jalur KA itu hasil pertemuan Andre Rosiade bersama kepala daerah di Sumbar dengan Erick Thohir akhir Maret 2021.

Seusai pertemuan, Erick membentuk Project Management Office (PMO) membahas reaktivasi jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban. Hasilnya, PMO merekomendasikan reaktivasi sebagai upaya pemulihan ekonomi Sumbar melalui sektor pariwisata.

Baca Juga

"Alhamdulillah aspirasi saya selaku wakil rakyat Sumbar beserta sejumlah kepala daerah di Sumatera Barat didengar dan ditindaklanjuti oleh Pak Erick Thohir," ujar Andre dalam keterangan di Jakarta, Rabu (29/6).

Bila pekerjaan reaktivasi itu rampung, jalur KA tersebut akan dimanfaatkan untuk sektor pariwisata. "Jalur sepanjang empat kilometer tersebut nantinya akan melayani kereta wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau dikenal dengan sebutan Mak Itam," ucap politikus Gerindra itu.

Reaktivasi jalur kereta api itu akan melibatkan sejumlah perusahaan BUMN yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement