Sabtu 02 Jul 2022 00:21 WIB

Selain Olahraga, Aktivitas Ini Penting untuk Kesehatan Jantung

Ada 8 hal penting yang dapat bantu pelihara kesehatan jantung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri dada dapat menjadi pertanda serangan jantung (ilustrasi). Ada delapan kunci untuk menjaga kesehatan jantung.
Foto:

Pada anak berusia lima tahun ke bawah, durasi tidur yang ideal adalah 10-16 jam per 24 jam. Untuk anak berusia enam hingga 12 tahun, durasi tidur yang dianjurkan adalah sembilan hingga 12 jam. Sedangkan bagi anak remaja berusia 13-18 tahun, durasi tidur yang ideal adalah delapan hingga 10 jam.

Metrik durasi tidur yang baru mencerminkan temuan penelitian terbaru, yaitu tidur berdampak bagi kesehatan secara keseluruhan, dan orang-orang dengan pola tidur yang lebih sehat cenderung mengelola berbagai faktor risiko, seperti berat badan, tekanan darah, atau diabetes tipe 2 dengan lebih efektif.

"Sebagai tambahan, kemajuan (teknologi) dalam mengukur tidur, seperti perangkat wearable sekarang menawarkan fitur yang memungkinkan orang-orang unruk memantau kebiasaan tidur mereka dj rumah secara rutin dan andal," jelas Presiden American Heart Association (AHA) Donald M Lloyd-Jones.

Penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular secara umum merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular menyebabkan 17,9 juta kematian di dunia.

Kabar baiknya, berbagai studi menemukan bahwa lebih dari 80 persen dari kejadian kardiovaskular bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Tidur yang cukup merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement