Sabtu 02 Jul 2022 05:21 WIB

Kebangkitan Islam di Turkmenistan

Tingkat religiusitas Muslim di Turkmenistan lebih terlihat dalam dekade belakangan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Turkmenbashi Ruhy atau Masjid Gypjak di Turkmenistan. Kebangkitan Islam di Turkmenistan
Foto:

Islam masuk di pemerintahan

Serdar Berdimuhamedov dilantik sebagai presiden baru Turkmenistan pada 19 Maret 2022, selama karantina lanjutan terkait pandemi (meskipun Turkmenistan tidak secara resmi mendaftarkan kasus Covid-19). Segera setelah itu, pada 29 Maret, Berdimuhamedov mengeluarkan perintah pelonggaran penguncian di negara itu, termasuk pembukaan kembali masjid yang telah ditutup sejak musim semi 2020. 

Presiden baru juga menandatangani dekrit pada 23 April, dengan tujuan mengampuni 514 tahanan untuk menghormati Gadyr gijesi yang suci (dikenal sebagai Laylatul Qadr dalam Islam). Pada 3 Mei, Serdar menyetujui proposal dari kepala lima wilayah negara untuk pembangunan masjid baru.

Dan kemudian Berdimuhamedov melakukan perjalanan luar negeri pertamanya ke luar negeri sebagai presiden, bepergian ke Arab Saudi dengan tujuan melakukan umroh ke Makkah pada 1 Juni. Semua isyarat ini dibuat dalam 74 hari pertama masa kepresidenannya.

Keponakan ayah Berdimuhamedov, mantan presiden Gurbanguly Berdimuhamedov, seperti Shamyrat Rejepov, dan lainnya (yang mengendalikan industri besar di negara itu) mulai membagikan postingan keagamaan di akun Instagram publik mereka secara teratur setelah Serdar mengambil alih kekuasaan. 

Beberapa orang mengklaim meningkatnya inklusi agama oleh kelas politik berasal dari meningkatnya popularitas Islam di kalangan masyarakat Turkmenistan yang lebih luas dan Serdar menggunakannya untuk keuntungannya dengan menggunakan agama sebagai alat meningkatkan popularitasnya sendiri. Meskipun Turkmenistan telah mengidentifikasikan diri dengan Islam selama berabad-abad, praktik dan pertunjukan agama di depan umum tidak begitu terlihat, karena budaya Turkmenistan selalu menjadi perhatian utama.

https://thediplomat.com/2022/06/the-revival-of-islam-in-turkmenistan/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement