Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

14 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lebih dari 100 Ditangkap dalam Demonstrasi Pro-Aborsi di AS

Jumat 01 Jul 2022 14:15 WIB

Red: Esthi Maharani

Lebih dari 100 orang ditangkap di Washington, D.C., termasuk seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat, selama protes untuk mendukung hak aborsi di jalan dekat Mahkamah Agung AS

Lebih dari 100 orang ditangkap di Washington, D.C., termasuk seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat, selama protes untuk mendukung hak aborsi di jalan dekat Mahkamah Agung AS

Demonstran memprotes putusan Mahkamah Agung yang membatalkan Roe v. Wade

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Lebih dari 100 orang ditangkap di Washington, D.C., termasuk seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat, selama protes untuk mendukung hak aborsi di jalan dekat Mahkamah Agung AS, kata polisi pada Kamis (30/6/2022).

"Kami menangkap 181 orang karena Crowding, Obstructing, atau Incommoding (DC Code 22-1307) karena memblokir persimpangan Constitution Avenue, NE dan First Street, NE," kata Polisi Capitol dalam tweet.

Di antara mereka adalah Judy Chu anggota kongres yang mewakili California. Para demonstran memprotes putusan Mahkamah Agung yang pekan lalu menjatuhkan Roe v. Wade, kasus penting tahun 1973 yang menetapkan hak konstitusional untuk melakukan aborsi.

"Ketika saya pertama kali mendengar Roe digulingkan, saya langsung memikirkan siapa yang paling dirugikan oleh keputusan ini: seorang gadis muda yang selamat dari pemerkosaan, seorang wanita yang tidak mampu melakukan perjalanan ke negara bagian lain untuk mengakses perawatan kritis, seorang ibu hamil dengan kehamilan ektopik yang hidupnya dalam bahaya karena dia tidak dapat melakukan aborsi," kata Chu dalam sebuah pernyataan.

"Jadi, ketika saya memikirkan semua wanita ini - dan lebih banyak lagi - keputusan untuk bergabung dalam demonstrasi damai demi mengembalikan kemudahan hak aborsi," tambahnya.

Protes ini diselenggarakan oleh Planned Parenthood. Pada tanggal 24 Juni dalam pemungutan suara 6-3, pengadilan membatalkan kasus tahun 1973 untuk menghilangkan hak konstitusional aborsi setelah hampir 50 tahun. Presiden Joe Biden mengecam keputusan itu, dengan mengatakan AS perlu mundur 150 tahun.

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/lebih-dari-100-ditangkap-dalam-demonstrasi-pro-aborsi-di-as/2627536
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile