Sabtu 02 Jul 2022 13:35 WIB

Wapres Harap Polri Perbaiki Kualitas Personel

Dalam menjalankan proses penegakan hukum,  tidak menggunakan pendekatan represif.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan harapan kepada institusi Polri di hari jadinya ke-76 yang jatuh pada Jumat (1/7) kemarin. Wapres berharap, Polri terus melakukan perbaikan-perbaikan termasuk meningkatkan kualitas para personelnya.

"Kepada Polri tentu kita harapkan terus melakukan penertiban-penertiban, perbaikan-perbaikan untuk para personelnya ya melalui berbagai pendidikan pelatihan yang mereka lakukan," ujar Wapres dikutip dari siaran youtube Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (2/7).

Wapres juga meminta, jajaran Polri untuk mengutamakan pendekatan persuasif dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat. Di samping tetap melakukan fungsi penegakan hukum.

"Ada yang sifatnya itu persuasif ya melalui bimbingan, tuntunan, tapi sudah batas tertentu, (ada) yang sifatnya harus di law and enforcement, ditegakkan, ya tentu dilakukan," katanya.

Namun, dalam menjalankan proses penegakan hukum, kata Wapres, tidak menggunakan pendekatan represif.

"Tentu tidak dalam arti represif ya tetapi dalam arti penegakan hukum kalau juga sudah dianggap, nanti kan ada prosesnya di pengadilan, apakah dia sudah melanggar, kalau itu misalnya pelecehan agama dan sebagainya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement