Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

18 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Imam Sudah Rukuk, Apa yang Harus Dilakukan Makmum Masbuq? 

Ahad 03 Jul 2022 03:00 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

 Imam Sudah Rukuk, Apa yang Harus Dilakukan Makmum Masbuq?  Foto:  Rukuk

Imam Sudah Rukuk, Apa yang Harus Dilakukan Makmum Masbuq?  Foto: Rukuk

Foto: wordpress
Seseorang dikatakan telah mendapati satu rakaat apabila dia mendapati rukuknya imam.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jika makmum mendapatkan imam sudah alam keadaan rukuk, apa yang mesti dilakukan makmum masbuq saat itu? Apakah untuk mendapatkan rakaat maka disyariatkan harus mendapatkan imam sebelum bangkit dari rukuk dengan membaca subhana rabbiyal azhimi? 

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Fikih Shalat menjelaskan, apabila makmum mendapatkan imam sudah dalam keadaan rukuk maka dia dianggap telah mendapatkan satu rakaat. Walaupun tidak sempat membaca tasbih, kecuali jika imam sudah telanjur berdiri. 

Baca Juga

Hal ini berdasarkan keumuman hadis Rasulullah SAW, "Man adraka rak'atan minasshalati faqad adraka as-shalata,". Yang artinya, "Barang siapa yang mendapatkan satu rakaat dari shalat, maka dia telah mendapatkan shalat." (HR Imam Muslim) 

Dan sebagaimana yang telah umum diketahui bersama, seseorang dikatakan telah mendapati satu rakaat apabila dia mendapati rukuknya imam. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Bakrah ats-Tsaqafi. 

Bahwa suatu hari dia datang ke masjid saat Rasulullah sedang rukuk, maka dia segera rukuk sebelum sampai ke dalam shaf. Ketika selesai salam, Rasulullah SAW bersabda, "Semoga Allah menambahkan akan kesungguhan kepadamu dan jangan ulangi lagi,". 

Pada riwayat ini beliau tidak memerintahkan untuk mengqadha rakaat tersebut, tetapi hanya melarang untuk mengulangi perbuatannya itu. Yaitu rukuk sebelum sampai ke dalam shaf. Maka dari itu, hendaknya makmum yang masbuq dianjurkan untuk tidak tergesa-gesa mengikuti rukuknya imam sebelum sampai ke dalam shaf. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile