Ahad 03 Jul 2022 16:00 WIB

Pengamat: Pengganti Tjahjo Kumolo Bisa Hasto atau Olly PDIP

Kalau bukan PDIP akan marah mereka, karena pengganti Tjahjo Kumolo jatah PDIP..

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Andi Nur Aminah
...
Foto: Prayogi/Republika.
Pengamat Politik Ujang Komarudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menanggapi terkait sosok yang akan menggantikan Tjahjo Kumolo. Menurutnya, posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan diisi oleh kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kalau bukan dari PDIP, akan marah mereka. Karena itu jatah PDIP. Maka akan jatuh ke tangan PDIP lagi. Jabatan tersebut bisa saja yang dapat Hasto Kristiyanto, Olly Dondokambey, Eriko Sotarduga," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (3/7/2022).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan hal ini bisa dilihat ketika mantan Mensos Juliari Batubara ditangkap KPK, karena dia dari PDIP, maka penggantinya pun dari PDIP lagi yaitu Tri Rismaharini. "Semua kemungkinan terjadi. Siapa yang mendapatkan restu dari Ibu Megawati. PDIP tergantung Bu Mega. Jokowi tidak bisa menentukan," ujar dia. 

Ia menambahkan keputusan siapa yang dapat jabatan tersebut tergantung Megawati. Yang pasti pengganti Tjahjo dari PDIP. "Siapapun dia ya pasti rekomendasi dari Ibu Megawati. Kita lihat saja nanti," ujar dia.

Sebelumnya diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022) kemarin. Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo wafat pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement