Ahad 03 Jul 2022 20:35 WIB

Kasus Covid-19 Naik, IDI Imbau Masyarakat Kembali Pakai Masker

Masyarakat diimbau kembali menggunakan masker ketika berada di ruang terbuka. .

Rep: Febryan. A/ Red: Esthi Maharani
...
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) M Adib Khumaidi mengimbau masyarakat untuk kembali menggunakan masker ketika berada di ruang terbuka. Sebab, kasus harian Covid-19 mulai naik kembali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) M Adib Khumaidi mengimbau masyarakat untuk kembali menggunakan masker ketika berada di ruang terbuka. Sebab, kasus harian Covid-19 mulai naik kembali.

"Kami dari IDI menyarankan agar masker digunakan, baik di dalam maupun di luar ruang. Karena ini ada kecenderungan peningkatan kasus," kata Adib kepada wartawan, Ahad (3/7/2022).

Untuk diketahui setelah dua bulan lebih kasus harian Covid-19 selalu di bawah 2.000 per hari, pada 24 Juni kasus harian kembali menyentuh angka 2.000 kasus per hari. Kasus harian diprediksi akan terus melonjak hingga 19 ribu kasus per hari saat masa puncak penularan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 pada akhir Juli.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengindikasikan bahwa masyarakat tetap boleh tidak menggunakan masker di ruang terbuka yang tak ramai. "Masker itu dipakai di dalam ruangan dan di luar ruangan yang kondisinya seperti sekarang (ramai)," kata Budi saat diwawancarai oleh belasan wartawan di Jakarta, Ahad.

Sebagaimana diketahui, kebijakan pelonggaran penggunaan masker sudah dimulai sejak pertengahan Mei 2022 lalu. Ketika itu, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa masyarakat boleh tidak memakai masker di luar ruang yang tak ramai orang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement