Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

 

18 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menkes: Vaksinasi Covid-19 Rutin Saat Endemi Bayar Mandiri

Ahad 03 Jul 2022 12:48 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Foto: Republika/Abdan Syakura
Vaksinasi rutin akan dibutuhkan karena virus Corona tak akan hilang sepenuhnya .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, masyarakat tetap butuh vaksinasi Covid-19 rutin saat pandemi telah berakhir atau fase endemi. Hanya saja, masyarakat harus membayar biaya vaksinasinya secara mandiri.

 

"Nanti akan ada vaksinasi (Covid-19) rutin. Cuma karena ini bukan pandemi lagi, (masyarakat) beli sendiri dan bagi yang tidak mampu bisa lewat BPJS," kata Budi kepada wartawan, Ahad (3/7/2022). 

Baca Juga

Budi menjelaskan, vaksinasi rutin dibutuhkan karena virus Corona tak akan hilang sepenuhnya dari kehidupan manusia meski status pandemi telah usai. Sama halnya dengan virus penyebab sakit Tuberkulosis (TBC) yang masih ada sampai sekarang. 

Karena itu, masyarakat harus tetap menjaga imunitas tubuhnya dari serangan virus Corona. Salah satunya dengan cara mendapatkan vaksinasi secara rutin. 

Kendati demikian, belum diketahui pasti kapan status pandemi Covid-19 bakal berakhir. Dalam kesempatan sebelumnya, Budi mengatakan keputusan untuk mengubah status pandemi menjadi endemi tidak dapat ditentukan oleh sebuah negara, melainkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebab, pandemi Covid-19 terjadi secara global, bukan di Indonesia saja. 

"Endemi itu memang akan terjadi kalau sudah dikoordinasikan dengan WHO. Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi," kata Budi, dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (6/6/2022).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile