Jumat 03 Feb 2012 15:03 WIB

Tiket Elektronik KRL Mengecewakan

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Hafidz Muftisany
KRL ekonomi
KRL ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH -- Ujicoba tiket elektronik bagi pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) mengecewakan. Meski sudah memasuki hari ketiga banyak ditemui masalah dalam pelaksanaannya.

"Banyak kegagalan yang terjadi di lapangan. Mesinnya saja mesin tiga tahun lalu. Bagaimana transaksi bisa sukses," ujar Agam Faturrochman juru bicara komunitas pengguna kereta KRL Mania.

Laporan yang diterimanya ada beberapa kendala teknis. "Ketika kartu mau dipakai, tulisan di mesinnya malah kartu tidak terdaftar. Lantas ketika sudah berhasil melakukan transaksi, saldo yang berkurang malah melebihi batas seharusnya," kata Agam. Walaupun saat ini pihak KCJ belum memberlakukan sistem transaksi dengan saldo, kesalahan-kesalahan ini seolah memperlihatkan kelemahan ujicoba Commet.

"Laporan dari anggota kita juga, waktu di Sudirman waktu untuk proses kartu di mesin yang seharusnya lima detik, harus makan waktu lebih dari 15 detik. Padahal kan stasiun di kawasan Sudirman ini merupakan stasiun yang padat aktifitasnya," kata Agam.

Dengan lamanya proses kartu di mesin, maka antrian pun jadi lebih lama lagi. "Banyaknya keluhan seperti ini tambah membuat kita yakin, bahwa KCJ tidak siap melakukan ujicoba tiket elektronik ini," ujar Agam menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement