Selasa 28 Feb 2012 11:01 WIB

Kembali ke Solo Usai Uji Emisi, Mobil Esemka Disambut Meriah

Mobil Esemka karya siswa SMK Solo yang dijadikan mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo
Foto: Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Mobil Esemka karya siswa SMK Solo yang dijadikan mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Mobil Esemka Rajawali hasil karya siswa sekolah menengah kejuruan setelah uji emisi di Serpong, Tangerang, Banten, tiba kembali ke Solo. Kedatangannya di perbatasan wilayah Solo, Selasa, sekitar pukul 09.00 WIB, disambut ribuan warga kota itu.

Mobil Esemka dengan nomor polisi AD 1 A yang dikemudikan Wakil Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo tersebut, begitu tiba di tugu perbatasan Kleco Solo, diarak sepanjang Jalan Slamet Riyadi atau sejauh sekitar 15 kilometer menuju Solo Techno Park (STP) di Jebres.

Mobil Esemka rakitan pelajar SMK setelah merampungkan misi menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) di Serpong, Tangerang, setibanya di Solo disambut ribuan pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA, dan masyarakat sekitar memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Sejumlah pelajar ada yang membawa beberapa poster di antaranya, bertulisakan "Aku Cinta Esemka", "Love Esemka", dan "Esemka Karya Anak Bangsa". Para siswa juga berebut minta berjabat tangan dengan Wakil Wali Kota Surakarta atas suksesnya uji emisi untuk Esemka.

Yuda guru SD Margoyudan Solo, mengatakan, anak-anak sengaja diajak menyambut kedatangan mobil Esemka setelah uji emisi. Acara itu memang bertujuan mengenalkan mereka bahwa mobil itu rakitan para siswa SMK.

"Anak-anak itu bangga bahwa mobil Esemka buatan siswa di kota ini," katanya.

Menurut wawalikota, selaku ketua rombongan tim Esemka Rajawali, tim Rajawali kembali ke Solo belum membawa sertifikat lulus uji emisi dari Institusi terkait.

Pemberian sertifikasi masih memerlukan waktu beberapa hari untuk mengevaluasi hasil uji emisi sebelum menerbitkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) terhadap mobil Esemka. Namun, Rudyatmo mengaku cukup puas dapat menuntaskan misi membawa mobil Esemka menjalani uji emisi di Serpong, Tangeran dan kembali dengan selamat.

Bahkan, Rudyatmo mengatakan dengan terselesainya tugas tersebut, dia berniat menunaikan janjinya ingin memangkas habis rambutnya. "Saya mau memtong rambutnya hingga gundul. Pencukurannya dilakukan di halaman Solo Techno Park Solo," kata Rudyatmo.

Sementara rombongan mobil Esemka Rajawali dalam acara penyambutan dikawal oleh Patwal Satlantas, Paskibra, SKPD Pemda, komunitas sepeda kuno Solo, dan kesenian wayang orang dari perbatasan kota di Kleco menuju Solo Techno Park. Acara penyambutan kedatangan mobil Esemka melibatkan seratusan personel aparat keamanan untuk pengamanan sepanjang rute yang diliwati rombongan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement