Rabu 19 Oct 2011 16:12 WIB

GKR Bendara dan KPH Yudanegara Pamitan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Rangkaian prosesi pernikahan putri bungsu Raja Kraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X GKR Bendara dan KPH Yudanegara diakhiri dengan pamitan di Gedung Jene Kraton Yogyakarta, Rabu (19/10). Keluarga KPH Yudanegara akan memboyong GKR Bendara ke Jakarta dan rencananya akan dilangsungkan ngundhuh mantu, pada 27 November di Sampoerna Strategic Jakarta.

Kedua pengantin bersama dengan keluarga besar pengantin pria berangkat dari Bangsal Kasatriyan untuk menemui Sultan dan keluarga besarnya. Rombongan pengantin ini dipimpin oleh adik kandung Sultan KGPH Hadiwinoto, didampingi beberapa kerabat kraton.

GKR Bendara yang mengenakan kebaya singkep warna merah muda dan KPH Yudanegara yang mengenakan pakaian atela warna putih dan blangkon tampak tersenyum ceria saat berjalan dari Bangsal Kasatriyan menuju Gedung Jene. Sultan yang mengenakan busana tagwa dan didampingi GKR Hemas memberikan nasihat kepada kedua pengantin menggunakan bahasa Indonesia.

"Biar tidak perlu diterjemahkan, saya pakai bahasa Indonesia saja," kata Sultan membuka pembicaraan. Sultan mengucapkan terima kasih kepada keluarga besan dan keluarganya yang telah mendukung prosesi pernikahan sehingga berjalan lancar.