Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cara Mengenali Spyware yang Bersembunyi di Ponsel Android

Senin 04 Jul 2022 06:04 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Spyware (ilustras)

Spyware (ilustras)

Foto: PxHere
Spyware secara diam-diam mengendalikan ponsel dan memata-matai pengguna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan sering muncul berita adanya spyware menyusup di ponsel Android maupun Apple. Spyware adalah perangkat lunah yang secara diam-diam mengendalikan ponsel dan memata-matai pengguna.

Cara terbaik untuk melawan spyware adalah dengan menghindarinya di sistem Anda sejak awal. Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat Android Anda dengan patch keamanan terbaru.

Baca Juga

Jangan klik tautan mencurigakan di halaman web, di email, atau di pesan pribadi, bahkan jika itu berasal dari orang yang Anda kenal (yang bisa saja diretas). Selalu gunakan kata sandi yang kuat untuk akun Anda.

Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dan perhatikan izin yang mereka minta. Selalu gunakan jaringan WiFi yang terpercaya dan aman. Pencegahan tidak membantu jika spyware telah masuk ke perangkat Anda, jadi penting untuk mengetahui cara menemukannya dan menyingkirkannya ketika itu terjadi.

Cara Menemukan dan Menghapus Spyware di Perangkat Android

Langkah paling sederhana adalah mengawasi aplikasi apa pun yang Anda tidak ingat pernah menginstalnya. Aplikasi yang tidak dikenal bisa jadi merupakan spyware yang mencoba menyamarkan dirinya sebagai sesuatu yang biasa dan mudah dilupakan.

Tarik layar menu Power perangkat Anda, lalu tekan dan tahan Power Off hingga opsi mode aman muncul dan pilih. Setelah perangkat Anda memulai ulang dalam mode aman, buka Settings dan pilih Apps, lalu cari apa pun di daftar yang terlihat tidak pada tempatnya. Jika Anda menemukan aplikasi yang Anda tidak ingat pernah menginstalnya atau mencurigakan, pilih aplikasi tersebut dan pilih Uninstall untuk menghapusnya.

Dilansir dari Slash Gear, Senin (4/7/2022), Google juga mencantumkan sejumlah kemungkinan tanda-tanda malware lainnya, termasuk pengurasan baterai.

Jika mode aman tidak berfungsi atau Anda ingin memastikan bahwa Anda telah menghapus perangkat lunak berbahaya dari perangkat Anda, Anda dapat mengambil pilihan mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabrik, yang akan menghapus semua dan semua data serta aplikasi yang tidak ada saat pertama kali keluar dari pabrik.

Untuk melakukannya, buka Backup and Reset > Factory Data Reset, lalu pilih Reset Phone dan konfirmasikan dengan memasukkan PIN atau kata sandi perangkat Anda. 

Metode ini akan mengharuskan Anda untuk memulihkan cadangan sebelum Anda mencurigai adanya infeksi spyware atau menginstal ulang secara manual dan menyambungkan kembali semua aplikasi dan layanan Anda. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile