Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Sebabkan Anak Stunting

Senin 04 Jul 2022 11:41 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ibu hamil (Ilustrasi). Persiapan hamil yang sehat harus dimulai sejak sebelum hamil, bahkan saat perempuan masih berusia remaja. Masalah kesehatan ibu saat hamil bisa sebabkan anak stunting.

Ibu hamil (Ilustrasi). Persiapan hamil yang sehat harus dimulai sejak sebelum hamil, bahkan saat perempuan masih berusia remaja. Masalah kesehatan ibu saat hamil bisa sebabkan anak stunting.

Foto: Pixabay
Masalah kesehatan ibu hamil dapat berisiko membuat bayi lahir stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo Prof Dr dr Dwiana Ocviyanti SpOG(K) memaparkan ada beberapa masalah kesehatan yang perlu ibu waspadai saat hamil. Sebab, itu dapat menyebabkan stunting atau gagal tumbuh pada anak.

 

"Waspadai kalau calon ibu anemia, hamil dalam usia remaja, darah tinggi baik pada awal hamil atau di sepanjang kehamilan, obesitas dan kurang energi kronik, berat badannya kurang dari 45 kilogram di awal kehamilan, apalagi jika menderita penyakit kronis, seperti tuberkulosis, malaria, dan HIV," kata dr Dwiana dalam sebuah webinar pada Senin (4/7/2022).

Baca Juga

Dr Dwiana mengatakan, kondisi-kondisi tersebut dapat membuat pertumbuhan janin terhambat sehingga tidak sesuai dengan usia kehamilan hingga berpotensi menyebabkan persalinan prematur. Menurut dia, semakin muda usia ibu hamil maka semakin besar risikonya untuk menderita anemia.

Selain berpotensi menghambat pertumbuhan janin dan menyebabkan persalinan prematur, anemia pada ibu hamil juga dapat menyebabkan keguguran, ketuban pecah, persalinan menjadi sulit atau distosia, hingga pendarahan. Untuk itu, dr Dwiana mengatakan, persiapan hamil yang sehat harus dimulai sejak sebelum hamil, bahkan saat perempuan masih berusia remaja.

"Pada saat usia remaja, dia harus rajin olahraga. Ibu-ibu yang punya anak remaja, anak perempuan, pastikan jaga kesehatan tubuhnya sehingga suatu saat dia hamil kita berharap dia dalam kondisi terbaik, kemudian bisa membesarkan kandungan dalam kondisi baik, dan merawat bayinya secara baik," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile