Sebanyak 12 Ribu Peserta Ikuti FORNAS VI di Sumsel

Red: Fernan Rahadi

Ketua Panitia Pelaksana FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022, Achmad Syamsudin (kiri) saat mengisi acara Podcast Sportcast LPDUK dengan host presenter Nada Nasyaya di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (4/7/2022).
Ketua Panitia Pelaksana FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022, Achmad Syamsudin (kiri) saat mengisi acara Podcast Sportcast LPDUK dengan host presenter Nada Nasyaya di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (4/7/2022). | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Antusiasme masyarakat untuk menyemarakkan dan menyukseskan Fesitival Olaharga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 di luar dugaan. Hal itu ditunjukkan dengan meledaknya jumlah peserta dari berbagai daerah dan dukungan dan minat masyarakat Sumsel untuk memeriahkan dan menyaksikan event olahraga rekreasi terbesar tingkat nasional ini.

"Antusiasme masyarakat sungguh tak terduga. Peserta mencapai sekitar 12ribu dan menjadi rekor FORNAS. Masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) juga antusias memberi dukungan dan menyaksikan FORNAS ini," kata Ketua Panitia Pelaksana FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022, Achmad Syamsudin saat mengisi acara Podcast ‘Sportcast LPDUK’ di Palembang, Senin (4/7).

Ia menjelaskan, peserta FORNAS VI awalnya diproyeksikan sekitar 8.000, kemudian naik menjadi 10 ribu. Bahkan kemudian naik lagi mencapai 12 ribu sehingga menjadi catatan peserta terbanyak sepanjang perhelatan FORNAS. Banyak peserta juga datang dengan keluarga dan ada yang menginap di rumah keluarganya di Palembang untuk menghadiri FORNAS yang berlangsung 1 sampai 7 Juli 2022 ini. 

Banyaknya peserta dan antusasime masyarakat Sumsel untuk menyaksikan perlombaan FORNAS juga membuat jalanan di Palembang kerap padat merayap. Hotel dan restoran juga penuh. "FORNAS memberikan berkah. UMKM Sumsel juga hidup. Pekan ini, Palembang menjadi kota nasional," kata Syam, panggilan akrab Achmad Syamsudin.

Apresiasi dan pujian atas penyelenggaraan FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 memang dilontarkan banyak pihak, bahkan dari Menpora RI Zainudin Amali yang membuka FORNAS VI. 

Syam menegaskan, kunci sukses pelaksanaan FORNAS VI kali ini adalah sinergi dari semua pihak. Sinergi terbangun diantara jajaran pemerintahan baik provinsi maupun kota dan kabupaten, panitia, asosasi masyarakat dan para sponsor yang mendukung kegiatan ini. "Kuncinya sinergi dan ini selalu disampaikan Gubernur Sumsel. Ini ajang olahraga, sekaligus ajang silaturahim. Kalo kita bersinergi, kita bisa melakukan hal yang luar biasa" tuturnya.

Seperti diketahui, FORNAS VI mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan, baik BUMN, BUMD maupun swasta. Antara lain PT Bukit Asam, Bank Sumsel Babel, PT OKI Pulp&Paper, Bank BPR Sumsel, PT Jamkrida Sumsel, PT Sriwijaya Sumsel Mandiri, PT Sumsel Energy Gemilang, PT Pupuk Sriwijaya, PT Swarnadwipa dan PT Semen Baturaja. Berdasarkan surat komitmen dan sebagian sudah melakukan transfer, sekitar Rp15milyar dana sponsor akan masuk ke Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) sebagai pengelola dana sponsor/komersial FORNAS VI.

Secara terpisah, Plt Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK Kemenpora, Dini Desriani juga mengapresasi antusiasme dan dukungan khususnya dari masyarakat Sumsel dalam mendukung dan mensukseskan acara ini. Selain dukungan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar, dana sponsor FORNAS VI yang masuk juga datang atas nama perorangan dan perusahaan-perusahaan dalam jumlah tidak besar.

"Selain perusahaan yang memberikan sponsor milyaran, ada juga ada yang mentransfer Rp 200 ribu, Rp 500 ribu, Rp 1 juta, Rp 2 juta dan seterusnya. Semua kita catat dan laporkan sebagai penerimaan yang bisa digunakan Kembali oleh Panitia untuk menyemarakkan event FORNAS VI ini,” jelas Dini Desriani.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Peresmian Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang

Jalin Kerja Sama dengan Sumsel, LPDUK Kelola Dana Komersial FORNAS VI

SMKPP Kementan Kembangkan Mina Padi Dukung Produktivitas Sumsel

Tilang Elektronik Berlaku di Kota Palembang Mulai 1 Februari 2022

Polisi Amankan Penjambret yang Dibakar Massa di Palembang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark