Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Simak! Cara Ketahui Akun WhatsApp Anda Sedang Dipantau Orang Lain

Selasa 05 Jul 2022 07:37 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Whatsapp

Whatsapp

Foto: EPA/Marcelo Sayao
Anda harus waspada jika baterai cepat habis ketika menggunakan WhatsApp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan paling populer saat ini. Untuk melawan potensi bahaya, WhatsApp meluncurkan sejumlah fitur, seperti enkripsi ujung ke ujung. Pengaturan keamanannya juga baik demi menjaga privasi pengguna.

Namun, masih ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan oleh aktor jahat. Oleh karena itu, setiap pengguna harus mengetahui bagaimana cara orang memantau akun mereka. Berikut tanda utama WhatsApp Anda sedang dipantau, seperti dilansir the Future of Things, Selasa (5/7/2022):

Baca Juga

1.Cek perangkat baru di daftar perangkat terhubung

WhatsApp menawarkan layanan versi desktop dan web untuk tetap terhubung tanpa harus menggunakan ponsel. Layanan tersebut berfungsi menghubungkan komputer ke akun WhatsApp seluler Anda.

Perangkat ini kemudian dimasukkan ke dalam daftar perangkat yang terhubung. Anda cukup memindahkan kode QR yang muncul di layar komputer dengan ponsel.

Untuk mengetahui apakah ada seseorang yang memantau, Anda cukup memeriksa daftar perangkat terhubung. Jika ada perangkat tidak dikenal yang menggunakan akun Anda selain dari ponsel atau komputer, Anda bisa segera memutuskannya sehingga orang yang memantau aktivitas Anda akan kehilangan akses ke akun Anda.

2.Perhatikan perubahan aneh pada akun WhatsApp

Tanda penting lainnya adalah perubahan aneh pada akun Anda. Perubahan ini bisa berupa perubahan pada pengaturan privasi, gambar profil baru, atau pesan aneh yang dikirim ke kontak Anda yang Anda tidak ingat pernah mengirimnya. Jika Anda melihat salah satu dari perubahan ini, ada seseorang telah mengambil kendali atas akun Anda dari perangkat lain.

3.Aplikasi WhatsApp beroperasi lambat

Terkadang ketika seseorang menggunakan alat seperti program spyware atau perangkat lunak jarak jauh untuk mengubah aplikasi yang diunduh ke ponsel Anda, itu mungkin memperlambat aplikasi itu sendiri dibandingkan dengan aplikasi lain di ponsel.

Jika Anda merasa aplikasi WhatsApp beroperasi lebih lambat dibandingkan aplikasi lain yang berjalan normal, hampir dapat dipastikan seseorang sedang memantau akun Anda dari jarak jauh.

4.Baterai ponsel terkuras dengan cepat

Banyak orang tahu bahwa baterai ponsel rata-rata bertahan sehari saat digunakan. Namun, jika Anda menyadari baterai ponsel terkuras lebih cepat saat Anda menggunakan aplikasi sosial atau saat Anda menonton video online, itu bisa menunjukkan salah satu aplikasi Anda menghabiskan lebih banyak daya baterai daripada biasanya.

Jika hal ini terjadi, terutama saat Anda menggunakan WhatsApp dalam waktu lama untuk bekerja atau berkomunikasi, kemungkinan ada program spyware yang terpasang di ponsel Anda yang memata-matai pesan WhatsApp Anda.

5.Ponsel menjadi panas saat menggunakan WhatsApp

Tanda terakhir adalah jika ponsel Anda menjadi terlalu panas saat Anda menggunakan WhatsApp, tetapi tidak panas saat Anda menggunakan aplikasi lain. Jika Anda merasakan ini, bisa jadi ponsel Anda melakukan dua hal secara bersamaan, yaitu Anda menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang lain sementara program spyware memata-matai Anda sepanjang waktu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile