Selasa 05 Jul 2022 16:15 WIB

Vaksin Novavax Diklaim Efektif Lawan Varian Omicron

Vaksin Novavax hasilkan respons antibodi yang efektif lawan Omicron.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Vaksin Novavax hasilkan respons antibodi yang efektif lawan Omicron.
Foto: PxHere
Vaksin Novavax hasilkan respons antibodi yang efektif lawan Omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan biotek Novavax mengklaim vaksin Covid-19 dapat menghasilkan respons imun yang efektif terhadap semua varian Omicron. Data tersebut dianggap mengejutkan saat disampaikan ke panel penasihat yang diadakan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Pertemuan itu merekomendasikan rencana vaksin booster untuk akhir tahun ini. Sebelumnya panel mengira bahwa data akan berfokus pada presentasi dari Pfizer dan Moderna seputar studi vaksin mRNA Covid-19.

Baca Juga

Pasalnya kedua raksasa farmasi itu menargetkan formulasi khusus Omicron baru. Namun rupanya Novavax lah yang kemudian mengklaim vaksin mereka efektif melawan Omicron.

Dilansir dari newatlas, Selasa (5/7/2022), Peter Marks, Direktur Departemen vaksin FDA, mengatakan kendati vaksin Novavax belum diizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat, penting bagi perusahaan untuk menyajikan data ini. Hal itu guna membantu panel memahami bagaimana itu bisa masuk ke dalam rencana booster untuk akhir tahun.

Sebelumnya vaksin Covid-19 Novavax telah menghadapi jalan terjal menuju otorisasi di Amerika Serikat. Baru akhirnya pada akhir tahun 2021, vaksin baru mulai didistribusikan ke seluruh dunia.

Di AS, otorisasi untuk vaksin Novavax berjalan lambat. Marks mengaku menangani manufaktur dengan sangat serius. Pihaknya tidak membandingkan dengan negara lain dalam hal manufaktur, melainkan hanya berpegang pada standar tinggi. Pihaknya punya standar emas untuk manufaktur, dan khususnya di bidang vaksin.

Data baru yang diungkapkan oleh Novavax menunjukkan bahwa formulasi vaksin aslinya tampaknya menghasilkan respons imun yang luas. Itu menghasilkan antibodi yang menampilkan respons efektif terhadap semua varian Omicron baru, termasuk subtipe BA.5 yang paling menghindari imun. 

Secara khusus, data menunjukkan suntikan booster vaksin Novavax menghasilkan respons antibodi penetralisir terhadap varian Omicron yang sebanding dengan apa yang terlihat terhadap strain asli SARS-CoV-2 pada puncak uji coba Fase 3 awal.

Novavax percaya vaksinnya kemungkinan lebih efektif melawan varian SARS-CoV-2 yang muncul dibandingkan dengan mRNA karena menggunakan jenis teknologi vaksin berbeda. Vaksin ini dikenal sebagai vaksin subunit protein dan produksinya awalnya melibatkan budidaya protein lonjakan virus corona yang terkenal di fasilitas manufaktur besar. 

Protein yang dirakit menjadi nanopartikel dirancang untuk meniru struktur virus. Nanopartikel ini dipasangkan dengan adjuvant, molekul yang membantu meningkatkan respon imun tubuh.

Novavax mengklaim fitur struktural unik dari vaksinnya mengarah pada generasi antibodi penetral silang yang luas yang dapat mendeteksi varian SARS-CoV-2 yang muncul dengan lebih baik. Mendukung hipotesis ini, Novavax mempresentasikan data dari formulasi vaksin terbarunya yang dirancang untuk lebih menargetkan varian Omicron BA.1 secara langsung.

"Kami yakin bahwa prototipe vaksin Covid-19 kami menghasilkan tingkat antibodi yang luas sebagai seri utama, dan bahwa peningkatan dengan vaksin prototipe ini meningkatkan besarnya luasnya respons," kata Gregory Glenn, Kepala Penelitian dan Pengembangan Novavax. 

Novavaxi siap untuk memasok vaksin berbasis Omicron musim gugur ini sesuai dengan rekomendasi otoritas kesehatan.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 Novavax telah disahkan dan didistribusikan di lebih dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk Eropa, Kanada, dan Australia. Perusahaan menunjukkan jalur pasokannya cukup kuat untuk mulai memasok AS dengan penguat formulasi aslinya segera dan dosis yang ditargetkan Omicron pada akhir tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement