Selasa 05 Jul 2022 20:54 WIB

Jelang Idul Adha, Jumlah Penumpang Bus Tujuan Sumatra dan Jawa Meningkat

Jumlah penumpang bus di Terminal Kalideres mencapai 300 orang per hari.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Jumlah penumpang bus meningkat sedikitnya 200 persen di Terminal Kalideres untuk tujuan keberangkatan ke kota-kota di Pulau Sumatera dan Jawa menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Ilustrasi. Jumlah penumpang bus meningkat sedikitnya 200 persen di Terminal Kalideres untuk tujuan keberangkatan ke kota-kota di Pulau Sumatera dan Jawa menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang bus meningkat sedikitnya 200 persen di Terminal Kalideres untuk tujuan keberangkatan ke kota-kota di Pulau Sumatra dan Jawa menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini. Jumlah penumpang mencapai 300 orang per hari.

“Tercatat ada peningkatan jumlah penumpang. Pekan lalu hanya 100 orang per hari, saat ini mencapai 300 penumpang per hari," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga

Revi menduga, peningkatan penumpang terjadi karena banyak warga yang pulang kampung saat Hari Raya Idul Adha. Mayoritas tujuan penumpang yang berangkat dari Terminal Kalideres yakni ke sejumlah kota di Pulau Jawa dan Sumatra.

"Kalau Sumatra itu Padang, Lampung, dan Palembang. Kemudian kalau Jawa, itu paling banyak ke Jawa Tengah," jelas dia.

Bahkan, Revi memperkirakan, puncak tertinggi keberangkatan akan terjadi pada H-2 hingga H-1 Lebaran Idul Adha yakni 500 penumpang. Untuk memastikan para penumpang berangkat dengan aman, pihak terminal melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) ke seluruh bus di terminal itu.

Inspeksi itu meliputi pemeriksaan mesin, rem hingga ban bus. Tidak hanya itu, pihaknya juga memeriksa alat keselamatan dan keamanan (safety) seperti ketersediaan alat pemadam api ringan (Apar) hingga palu pemecah kaca jendela.

Tidak hanya pemeriksaan kendaraan, Revi juga memastikan seluruh pengemudi bus dalam keadaan sehat. Revi berharap, pengecekan bus dan kesehatan pengemudi dapat memberikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Saat angkutan Idul Fitri tahun ini, jumlah bus yang beroperasi di terminal itu, khususnya beberapa hari sebelumnya mencapai 70-150 bus per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement