Rabu 06 Jul 2022 22:43 WIB

Mantaap, 98 Persen Siswa MAN 1 Banda Aceh Lulus PTN dan PTKIN

Jumlah kelulusan tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Ada 371 siswa MAN 1 Banda Aceh berhasil lolos ke PTN dan PTKIN tahun 2022. Foto :pendis.kemenag.go.id 
Ada 371 siswa MAN 1 Banda Aceh berhasil lolos ke PTN dan PTKIN tahun 2022. Foto :pendis.kemenag.go.id

Kampus—Sebanyak 371 atau 98,2 persen siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banda Aceh berhasil lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2022. Hal tersebut berdasarkan rekapitulasi lulusan dari jalur undangan dan ujian tulis PTN/PTKIN.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah mengatakan jumlah kelulusan tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Menurutnya, prestasi ini tidak lepas dari peran serta dan kerja keras seluruh keluarga madrasah.

"Alhamdulillah, tahun ini terjadi peningkatan lulusan menjadi 98,2 persen. Sebelumnya di 2021 siswa kita lulus 95,65 persen. Tentunya ini kerja keras kita semua sebagai madrasah unggulan akademik nasional,” ujar kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah, Sabtu (02/07/22) seperti dikutip dari laman pendis.kemenag.go.id.

Nursiah menambahkan, MAN 1 Banda Aceh pasca itetapkan sebagai madrasah unggulan akademik terus berbenah diri dan telah menetapkan program percepatan peningkatan mutu. "Program bimbingan intensif UTBK-SBMPTN menjadi konsen utama kami, selain program kelas Olimpiade. Hal tersebut membuat MAN 1 Banda Aceh menjadi sekolah favorit dan sangat diminati. Tiap tahun ribuan calon siswa mendaftar di madrasah ini. Ini merupakan kebanggaan kita semua,” ungkapnya.

Rincian jumlah kelulusan terdiri dari 216 jalur undangan dan 155 jalur ujian tulis. Di jalur undangan, sebanyak 54 siswa lulus melalui Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian sebanyak 162 siswa lulus di jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Pada jalur ujian tulis, 119 siswa MAN 1 Banda Aceh lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 36 siswa lulus melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

“Sehingga total siswa yang lulus di PTN dan PTKIN berjumlah 371 siswa dari 368 siswa kelas XII. Jumlah Siswa yang lulus melebihi total siswa kelas XII karena beberapa siswa lulus lebih dari satu PTN/PTKIN,” jelas Nursiah.

Baca juga :

Hebat, 96 Persen Siswa MAN 13 Jakarta Diterima di PTN dan PTKIN

Siswa MTsN 3 Tuban Raih Emas di Ajang Master Sains Competition Point 4.0 Nasional

Putri Wahyu, Anak Petani, Siswi MAN 2 Ponorogo Raih Beasiswa University of British Columbia, Kanada

Mantap ! Tim MAN 2 Ponorogo Raih Gold Medal Asia Selelah Meneliti Tunagrahita

Keren...Salwa Putri, Siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan Juara Kompetisi Karya Seni Internasional

Hebat, MTsN 1 Pati Raih 19 Medali di International Youth Science Olympiad (IYSO)

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Qonita Kurnia, Alumni Unhas Raih Gelar Doktor di Irlandia dalam Usia 25 Tahun

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement