Cegah PMK, Polres Purbalingga Semprot Disinfektan di Pasar Hewan

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi

Petugas puskeswan membagi-bagikan obat dan vitamin gratis untuk para peternak di Pasar Hewan Purbalingga.
Petugas puskeswan membagi-bagikan obat dan vitamin gratis untuk para peternak di Pasar Hewan Purbalingga. | Foto: Republika/Idealisa masyrafina

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Polres Purbalingga bersama dinas pertanian terus melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu penyemprotan disinfektan di pasar hewan, Kamis (7/7/2022).

Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Totok Nuryanto mengatakan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK, Polres Purbalingga melaksanakan sejumlah kegiatan. Salah satunya dengan kegiatan penyemprotan disinfektan di pasar hewan yang dilakukan pada hari ini.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan bekerja sama dengan dinas pertanian Kabupaten PurbaIingga untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak," kata Kompol Totok, Kamis (7/7/2022).

Disampaikan bahwa selain penyemprotan disinfektan, dilakukan juga pemeriksaan hewan ternak dan pemberian vitamin oleh dokter hewan. Kegiatan dilaksanakan untuk menjamin hewan ternak yang ada di Pasar Hewan PurbaIingga dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK.

"Kegiatan ini juga dilakukan menjelang pelaksanaan Idul Adha. Dimana hewan yang diperjualbelikan untuk kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit PMK," jelasnya.

Kabag Ops menambahkan, selain kegiatan yang dilaksanakan hari ini dilakukan juga pemantau hewan ternak secara rutin. Pemantauan dilakukan di kandang peternakan hewan yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga.

"Pemantauan di wilayah juga terus dilakukan oleh polsek jajaran untuk mengetahui ada tidaknya hewan ternak yang terindikasi PMK. Sehingga apabila ditemukan bisa segera dilakukan penanganan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Plt Gubernur Jatim Minta Peternak Kooperatif untuk Vaksinasi PMK

Pemkab Kulon Progo Anggarkan Rp 400 Juta untuk Penanganan PMK

Peternak di Tulungagung Keluhkan Minimnya Tenaga Kesehatan Hewan

Plt Gubernur Jatim Imbau Peternak Kooperatif Laporkan Kondisi Hewan

Jelang Idul Adha, DPRD Klungkung Minta Pemda Gencarkan Pencegahan PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark