Kamis 07 Jul 2022 19:13 WIB

Plant-Based Food Mulai Marak, Kedelai dan Gandum Diolah Menyerupai Daging

Bahan utama plant-based food ialah kedelai dan gandum.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Tiga menu berbahan dasar nabati (plant based). Burger menggunakan pati yang terbuat dari kedelai dan gandum, satai lilit juga menggunakan bahan yang sama. Ada pula panacota dengan susu oat dan dengan toping puree stroberi.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Tiga menu berbahan dasar nabati (plant based). Burger menggunakan pati yang terbuat dari kedelai dan gandum, satai lilit juga menggunakan bahan yang sama. Ada pula panacota dengan susu oat dan dengan toping puree stroberi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan berbasis nabati (plant-based) tampaknya sudah mulai menggoda selera makan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya restoran yang menyediakan makanan dan minuman berbasis nabati.

Menurut Culinary Innovation Chef Ikhsan Farizki, masakan dengan berbahan plant-based saat ini sudah banyak ditawarkan. Kehadirannya bisa diterima mengingat tekstur dan rasanya sama dengan daging.

Baca Juga

"Bahan utama plant-based itu kedelai dan gandum," ujar jelas chef Ikhsan.

Salah satu makanan yang bisa dibuat dari bahan dasar nabati adalah burger. Isian burger umumnya adalah daging sapi, daging ayam, ataupun ikan. Produk hewani tersebut bisa diganti dengan pati nabati.

Chef Ikhsan menjelaskan pati nabati ini terbuat perpaduan kedelai dipadankan dengan gandum yang diesktrak. Teksturnya mirip dengan kulit tahu.

Pati nabati itu kemudian ditambahkan dengan bahan lainnya yang mendukung. Penggunaan bahan baku tambahan ini berbeda-beda, tergantung makanan yang ingin dihasilkan, misalnya ala daging sapi, burger daging cincang, atau rendang.

Bahan tersebut kemudian dicampurkan menjadi satu dan ditambahkan dengan air lalu dimasukkan ke dalam chopper. Bahan pati nabatinya tidak dibuat halus, namun dibuat agak sedikit kasar agar mirip dengan tekstur daging.

Bahan isian burger tersebut kemudian dicetak dan dibekukan didalam kulkas. Ketika hendak disajikan, pati nabati tinggal dipanggang seperti pati burger daging sapi.

Pati ini kemudian dimasukkan kedalam roti nabati dan ditambahkan dengan keju nabati yang terbuat dari kedelai, bukan dari produk turunan susu. Selain itu, tak lupa ditambahkan aneka jenis sayuran sesuai selera.

Rasa burger nabati ini mirip dengan burger daging sapi. Teksturnya pun sama dan ketika memakannya, Anda mungkin tidak menyadari jika itu adalah pati nabati.

Selain burger, rendang dan dendeng juga bisa dibuat dari bahan dasar nabati dari kedelai dan gandum. Bumbu masaknya sama dengan rendang ataupun dendeng sapi.

Bukan hanya itu, bahan dasar nabati ini juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan sata lilit. Tidak melulu harus menggunakan ikan, satai lilit bisa terbuat dari kedelai. Rasa sate memang mirip dengan satai ikan, namun tidak bisa dipungkiri, rasa kedelainya masih terasa.

Untuk dessert, bahan dasar nabati bisa juga dijadikan panacota. Bahan yang diganti adalah susunya. Bukan menggunakan susu sapi, tapi menggunakan susu oat.

Untuk membuatnya, susu oat tinggal dicampur dengan bahan pembuatan panacota yang berbasis nabati pula kemudian diberi topping puree stroberi. Rasanya manis dan menyegarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement