Senin 20 Jun 2022 10:40 WIB

Investigasi Masih Berjalan, Ini Penjelasan Polda Jabar

Investigasi dan evaluasi akan diberikan kepada stakeholder untuk bahan pertimbangan. 

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo.
Foto: Republika/djoko suceno
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polda Jawa Barat masih melakukan pendalaman terhadap insiden dua orang Bobotoh asal Bandung dan Bogor yang meninggal dunia diduga berdesak-desakan saat pertandingan Persib Bandung melawan Persebaya. Hasilnya akan diberikan kepada panitia penyelenggara sebagai bahan masukan.

"Jadi memang kita masih melakukan pendalaman secara umum terkait insiden tersebut. Dua hal dilakukan adalah pendalaman dan penyelidikan untuk bahan investigasi terkait dengan insiden tersebut. Kita juga jadikan masukan bahan evaluasi untuk pertandingan selanjutnya," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, Senin (20/6/2022).

Baca Juga

Selain itu, dia mengatakan, sampai saat ini masih belum dilakukan rapat koordinasi lintas sektoral antara panitia pelaksana dan PSSI. Namun, investigasi dan evaluasi akan diberikan kepada stakeholder untuk bahan pertimbangan kegiatan berikutnya.

"Bisa saja ada beberapa spekulasi masukan dari kita seperti usulan pertandingan tanpa penonton dan usulan memindahkan tempat pertandingan ke stadion lain yang kapasitas penontonnya lebih banyak," katanya.

Terkait evaluasi pelaksanaan pertandingan yang digelar malam hari, dia mengatakan, keputusan waktu pelaksanaan pertandingan tidak dapat diambil satu pihak oleh keamanan. Sebab, berkaitan dengan pihak lainnya.

"Keputusan itu tidak bisa diambil oleh sepihak keamanan karena ini terkait stakeholder lain maka untuk memajukan jam pertandingan sudah dipertimbangkan stakeholder, memang ada hal rawan kalau dimajukan, ada kekecewaan berlebihan" katanya.

Dia mengatakan, pengendalian massa di stadion tidak mudah dan dinamis. Oleh karena itu, diperlukan pembahasan yang lebih dalam terkait hal tersebut.

"Pengendalian massa ini tidak mudah jadi memang seperti terjadi kemarin kondisinya dinamis awal peraturan ini bagus tapi perkembangannya ada dinamika, ada kondisi yang memprovokasi massa dan juga ketidapuasan massa dan ada massa yang ingin menerebos masuk. Ini kondisi dinamis yang membutuhkan pemikiran lebih untuk mengaturnya," katanya.

Dia mengatakan, rencana pemindahan laga pertandingan Piala Presiden masih belum dilaksanakan. Pihaknya masih menunggu digelar rapat bersama lintas sektor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement