Rabu 06 Apr 2022 12:34 WIB

Polisi Turunkan Ratusan Personel Jaga Keamanan Sidang M Kece

Jalannya persidangan dengan agenda vonis itu diwarnai aksi massa di depan PN Ciamis.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Terdakwa M Kece menjalani sidang di PN Ciamis, Rabu (6/4/2022).
Foto: Republika/Bayu Adji
Terdakwa M Kece menjalani sidang di PN Ciamis, Rabu (6/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Aparat kepolisian menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan jalannya persidengan terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, di Pengadilan Negeri (PN) Ciamis, Rabu (6/4/2022). Ratusan personel itu tak hanya datang dari Polres Ciamis, melainkan juga BKO dari Brimob Polda Jabar. 

Kapolres Ciamis, AKBP Tony Prasetyo Yudhankoro, mengatakan, pihaknya melibatkan ratusan personel gabungan TNI-Polri. Ratusan personel itu disiapkan untuk melakukan pengamanan persidangan M Kece di PN Ciamis, agar persidangan berjalan lancar.

Baca Juga

"Total personel pengamanan sidang kasus penistaan agama dengan terdakwa M Kece melibatkan 765 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya. Mereka disiagakan di sekitar lokasi persidangan," kata dia, melalui siaran pers, Rabu (6/4/2022).

 

photo
Massa menggelar aksi di depan PN Ciamis, Kabupaten Ciamis, Rabu (6/4/2022). Aksi itu dilakukan dengan tujuan mengawal jalannya sidang terhadap terdakwa penistaan agama, M Kece. - (Republika/Bayu Adji )

 

Dia menjelaskan, personel gabungan tersebut tidak hanya dari wilayah Kabupaten Ciamis. Sejumlah personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polres sekitar juga diperbatunkan untuk mengamankan jalannya sidang kasus penistaan agama.

Ratusan personel gabungan tersebut terdiri 440 personel Polres Ciamis, BKO Polres Tasikmalaya Kota 30 personel, BKO Polres Banjar 30 personel, BKO Polres Tasikmalaya 30 personel, Anggota TNI sebanyak 90 orang, dan Dishub Kabupaten Ciamis 30 orang. Polres Ciamis juga mendapat bantuan BKO dari Sat Brimob Polda Jabar sebanyak 85 personel.

Tony berharap, jalannya sidang kasus penistaan agama di Pengadilan Negeri Ciamis dapat berjalan lancar dan aman. "Kami harap semua dapat berjalan aman dan lancar hingga berakhirnya sidang putusan dengan terdakwa M Kece," kata dia.

Berdasarkan pantauan Republika, jalannya persidangan dengan agenda vonis itu diwarnai aksi massa di depan PN Ciamis. Massa yang berjumlah ratusan menuntut K Kece dituntut hukuman maksimal.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اَللّٰهُ نُوْرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ مَثَلُ نُوْرِهٖ كَمِشْكٰوةٍ فِيْهَا مِصْبَاحٌۗ اَلْمِصْبَاحُ فِيْ زُجَاجَةٍۗ اَلزُّجَاجَةُ كَاَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُّوْقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُّبٰرَكَةٍ زَيْتُوْنَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَّلَا غَرْبِيَّةٍۙ يَّكَادُ زَيْتُهَا يُضِيْۤءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌۗ نُوْرٌ عَلٰى نُوْرٍۗ يَهْدِى اللّٰهُ لِنُوْرِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَيَضْرِبُ اللّٰهُ الْاَمْثَالَ لِلنَّاسِۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ۙ
Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. An-Nur ayat 35)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement