Gunakan Wifi Gratis di 21 Taman Kota Bandung, Begini Caranya

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Sejumlah warga beraktivitas di area Taman Cikapayang Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung.
Sejumlah warga beraktivitas di area Taman Cikapayang Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menambah wifi gratis dengan kecepatan 50 Mbps pada 21 taman-taman yang berada di Kota Bandung. Diharapkan masyarakat dapat mengakses fasilitas CSR tersebut yang bekerja sama dengan Bali Tower melalui aplikasi.

"Hari ini alhamdulillah kita dapat suporting lagi dari Bali Tower untuk melengkapi infrastruktur pada ruang publik di Kota Bandung berupa wifi gratis saat ini ada 21 titik yang dibantu," ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana disela-sela peresmian wifi gratis di Taman Cikapayang, Jumat (17/6/2022).

DIa mengatakan, bantuan tersebut berasal dari bantuan perusahaan. Ke depan diharapkan, tidak terdapat wilayah blankspot internet di Kota Bandung dan masyarakat umum bisa mengakses layanan secara gratis. "Tadi saya coba nggak lemot, siapapun boleh akses, free," katanya. 

Yana mengatakan, warga yang hendak menggunakan fasilitas wifi gratis terlebih dahulu harus mendownload aplikasi selanjutnya membuat akun dan mengisi identitas diri.

Dikatakannya, penambahan wifi gratis ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan perekonomian saat ini.

"Ini salah satu indikator terus meningkat menjadi smart city," katanya. Pihaknya juga menambahkan, wifi gratis yang sudah ada sebelumnya masih berjalan di RW mau pun kelurahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan Brilyana mengatakan, terus mendorong agar layanan 5G bisa semakin merata di Kota Bandung. Pihaknya menggandeng berbagai perusahaan telekomunikasi untuk menyiapkan infrastruktur salah satunya tower.

Selain itu, pihaknya mendorong agar fasilitas wifi gratis semakin banyak. Termasuk mengurangi wilayah blankspot internet di Kota Bandung.

"Wifi gratis akan terus dilakukan, untuk menyiapkan infrastruktur kalau dari pemerintah tidak bisa semua. Blank spot kurang karena kurang tower dibuat sendiri besar tapi banyak dari perusahaan kita kerja sama," katanya.

 

 

Terkait


Dorong Semangat Berqurban, Pemkot Bandung Gandeng Peran Ulama

Sengketa Tunggakan Sewa Rp 13,5 M Kebun Binatang Bandung Berlanjut

Pemkot Bandung Sebut Kebun Binatang Bandung Nunggak Sewa Rp 1,2 Miliar

Bandung Delarasikan Diri Jadi Kota Ramah Lansia

Kapasitas Ruang Publik Masih Dibatasi 75 Persen di Bandung Meski PPKM Level 1

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark