RS di Malang Pinjamkan Tabung Oksigen Untuk Warga Isoman

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

RS di Kota Malang meminjamkan tabung oksigen untuk warga isolasi mandiri (isoman).
RS di Kota Malang meminjamkan tabung oksigen untuk warga isolasi mandiri (isoman). | Foto: Dok. RSIA Mawar

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Saat ini jumlah kasus Covid-19 di Kota Malang masih tetap tinggi. Situasi ini turut mempengaruhi kebutuhan tabung oksigen, baik di RS maupun bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Juru Bicara (Jubir) RSIA Mardi Waloeja Rampal (Mawar), Sudarmaji mengatakan, pihaknya berusaha membantu masyarakat yang kesulitan memperoleh tabung oksigen. "Kendati, harus menjaga stok aman untuk keperluan layanan medis ibu dan anak, tapi kita berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat," kata dia di Kota Malang, Selasa (27/7).

Sudarmaji memastikan, RSIA Mawar tetap menjaga stok tabung oksigen untuk kebutuhan pasien. Di sisi lain, dia tak menampik, masih ada beberapa tabung oksigen yang tidak termanfaatkan. Oleh karena itu, RS berusaha memberikannya kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan tabung tersebut.

Tawaran bantuan ini diberikan lantaran RSIA Mawar tergabung di Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC). Dari wadah ini, RS acap mendapatkan laporan dan permohonan untuk bantuan tabung oksigen. Informasi terutama diperoleh dari pasien yang menjalani isoman di rumah.

Sudarmaji memohon maaf jika RS tidak bisa memenuhi semua permohonan tabung oksigen. Namun pihaknya berusaha untuk menyusun strategi agar masyarakat bisa mendapatkan bantuan tersebut. "Jika ada tabung oksigen yang tidak dipergunakan, langsung kita putuskan untuk membantu saudara saudara kita," katanya.

RSIA Mawar mengajak seluruh elemen untuk turut terlibat dalam gerakan bantuan tabung oksigen. Jika memiliki tabung yang tidak digunakan, maka segera dimanfaaatkan untuk menolong sesama. 

Menurut Sudarmaji, pihaknya sangat ingin berbagi kasih di tengah kondisi Covid-19. Semua upaya ini bertujuan agar pasien mendapatkan penanganan secepatnya. Hal ini terutama untuk masyarakat yang sedang menjalani isoman di rumah masing-masing.

"Jika cepat mendapatkan bantuan, maka punya peluang untuk kembali sembuh dan mengurangi angka penularan Covid -19,” jelas pria yang juga Media Officer Arema FC ini.

Sebagai informasi, RSIA Mawar telah memberikan bantuan peminjaman tabung oksigen ukuran besar kepada warga Polehan, Selasa (27/7). Sebelumnya, juga turut menyalurkan bantuan kepada warga Sawojajar dan kawasan Arjosari, Kota Malang. Bahkan, bantuan ini turut hadir sampai ke wilayah Bantur, Kabupaten Malang. 

“Kami berterima kasih kepada warga yang memanfaatkan peminjaman ini dengan disiplin dan rela untuk digunakan bergantian menolong warga lainnya. Kami juga terus berkordinasi dengan MBLC dalam rutinitas penjadwalan peminjaman tabung oksigen,” jelas Sudarmaji.

Terkait


Anies Sebut Penyelundup Oksigen Pelaku Kejahatan Kemanusiaan

Polda Metro Serahkan 138 Tabung Oksigen Sitaan ke Pemprov 

RS Paru Jember Kehabisan Oksigen Selama Tiga Jam

Pemkab Barito Utara Berupaya Penuhi Kebutuhan Oksigen

Elnusa Salurkan 24 Ton Oksigen Cair ke RS di Jabodetabek

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark