Pertandingan Piala Presiden di Solo Terapkan Pengamanan dan Pencegahan Covid-19

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kapolda Jawa Tengah, Irejan pol Ahmad Luthfi pada konferensi pers sebelum pertandingan perdana penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6).
Kapolda Jawa Tengah, Irejan pol Ahmad Luthfi pada konferensi pers sebelum pertandingan perdana penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6). | Foto: dok. Humas Prov Jateng

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Polda Jawa Tengah berlakukan pengamanan sekaligus pengawasan serta pencegahan penularan Covid-19, pada hajat Piala Presiden 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, yang resmi bergulir mulai Sabtu (11/6) malam kemarin.

Selain memastikan pelaksanaan pertandingan dapat berjalan tertib dan aman, jajaran Polda Jawa Tengah juga memberlakukan pengawasan ketat guna meminimalkan risiko penyebaran Covid-19, pada kompetisi pramusim Liga Indonesia tersebut.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, bagi penonton yang masuk ke stadion Manahan, dibatasi hanya 75 persen dari total kapasitas stadion.

Seperti diketahui, Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.000 orang penonton, maka tiap pertandingan panitia hanya menjual 15.000 tiket,” ungkapnya, melalui keterangan pers kepada Republika, Ahad (12/6/2022).

Baca Juga

Hasil koordinasi dengan panpel, pada pertandingan perdana ditonton maksimal 75 persen dari kapasitas atau sekitar 15.000 tiket yang dijual online oleh koordinator suporter masing- masing klub partisipan.

“Kami sudah menyampaikan kepada panpel agar tidak ada penjualan tiket di stadion. Semua penonton yang datang masuk Stadion Manahan merupakan penonton yang sudah pasti mendapatkan tiket,” jelas Ahmad Luthfi.

Guna mengantisipasi lonjakan animo penonton (pendukung klub peerta) yang datang ke stadion, panpel juga menyiapkan sejumlah layar lebar dan akan menyiarkan pertandingan yang sedang berlngsung, di beberapa lokasi kawasan Stadion Manahan.

Kepada penonton di Stadion Manahan, lanjut Kapolda Jawa Tengah, diberlakukan ketentuan minimal telah lengkap vaksinasi primer atau paling tidak sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Sehingga para penonton juga dicek melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk stadion. “Karena harus dilengkapi vaksin primer dosis satu dan dua, sebagai syarat untuk masuk ke dalam  stadion,” lanjutnya.

Polda Jawa Tengah, masih kata kapolda, juga menjamin keamanan selama Gelaran Piala Presiden di Venue Manahan Solo. Dalam hal pengamanan, Polda Jawa Tengah menurunkan sebanyak 850 personel gabungan Polri, TNI  dan Pemkot Surakarta.

“Pola pengamanan pelaksanaan pertandingan Piala Presiden yang digelar di Stadion Manahan Solo ini, juga bakal dijadikan sebagai role model bagi penyelenggaraan pertandingan/ kompetisi sepak bola ke depan,” tegasnya.

Seperti diketahui, babak (fase) penyisihan grup pada turnamen sepakbola pramusim Piala Presiden 2022 digelar di empat stadion di kota yang berbeda. Salah satunya adalah Stadion Manahan Solo.

Stadion Manahan menggelar setidaknya 10 pertandingan pada babak penyisihan Grup A, yang diikuti oleh lima tim, yakni Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang serta PSS Sleman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Debut Widodo dengan Bhayangkara di Piala Presiden

Teja Paku Alam Jalani Pemulihan Bersama Tim Persib

Piala Presiden tak Ganggu Fokus Teco Siapkan Bali United Hadapi Piala AFC

Wali Kota Bandung Yakin Stadion GBLA Layak untuk Piala Presiden

Piala Presiden 2022 Siap Digelar, Arema FC Bidik Gelar Ketiga

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark