Bonek Gelar Doa Bersama bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Suporter Persebaya memegang lilin saat mengikuti doa bersama di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/10/2022). Doa bersama itu untuk para korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.
Suporter Persebaya memegang lilin saat mengikuti doa bersama di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/10/2022). Doa bersama itu untuk para korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. | Foto: ANTARA/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Ribuan pendukung Persebaya Surabaya, Bonek Mania menggelar kegiatan seribu lilin dan doa bersama di Tugu Pahlawan, Surabaya, Senin (3/10) malam. Perwakilan Green Nord atau Bonek Tribun Utara, Husain Ghozali mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan duka cita Bonek bagi ratusan pendukung Arema FC atau Aremania yang meninggal dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Pria yang akrab disapa Cak Conk itu berharap, tragedi Kanjuruhan menjadi yang terakhir kali di dunia sepak bola Indonesia, bahkan dunia. "Rivalitas hanya 90 menit, lebih dari itu kita sudah bukan lawan, kita kawan, kita saudara. Jangan sampai ada kejadian yang sama terulang kembali, cukup ini yang terakhir," ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwiyono. Ia berharap insiden serupa tak terulang lagi di masa mendatang. "Jangan sampai ada lagi insiden seperti ini, semoga ini yang terakhir, semoga amal ibadah mereka diterima di sisiNya dan keluarga diberikan ketabahan, Amin," ujar Cak Awi.

Sementara itu, Direktur Media Officer Persebaya, Nanang Priyanto menyatakan, pihaknya turut berduka cita atas peristiwa yang terjadi. Ia juga berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi. "Malam ini kita berdoa bersama mendoakan agar saudara kita di Malang, Aremania-Aremanita serta aparat polisi yang menjadi korban dalam kerusuhan 1 Oktober 2022," kata dia.

Baca Juga

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, hingga saat ini jumlah korban meninggal dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang sebanyak 125 orang. Berkurang dari data awal yang menyebutkan ada 127 orang meninggal dalam kerusuhan tersebut. Khofifah menyatakan, berkurangnya data tersebut karena sebelumnya ada data ganda yang tercatat.

"Jadi setelah dihitung ulang, sampai tadi sekitar pukul 18.00 WIB itu ada 125 orang. Jadi kemarin ada data yang ganda," kata Khofifah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kapolres Semarang Ajak Suporter Kabupaten Semarang Beri Empati kepada Korban Kanjuruhan

Doa Santri Ponpes Darussalam Ciamis untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Aksi Doa Bersama oleh Aliansi Suporter Klaten

Imbas Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

Tragedi dari Heysel, Hillsborough, Port Said sampai Kanjuruhan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark