Sabtu 09 Jul 2022 05:01 WIB

Shin Ingin Pemain Timnas U-19 Bisa Bermain Lebih dari Satu Posisi

Shin ingin pemain timnas U-19 terus bergerak dan saling bertukar posisi kala berlaga.

Red: Ratna Puspita
Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, ia menginginkan para pemainnya dapat mengisi lebih dari satu posisi (multiposisi) di lapangan.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, ia menginginkan para pemainnya dapat mengisi lebih dari satu posisi (multiposisi) di lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, ia menginginkan para pemainnya dapat mengisi lebih dari satu posisi (multiposisi) di lapangan. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut, ia mau anak-anak asuhnya terus bergerak dan saling bertukar posisi ketika berlaga. 

Bahkan, ada kalanya pemain timnas tidak ditempatkan di posisi tertentu karena tugasnya mencari ruang kosong untuk menerima bola. "Saya ingin pemain bisa bermain di setiap posisi. Itu memang menjadi salah satu taktik kami," ujar Shin di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam.

Baca Juga

Shin mencontohkan sosok Alfriyanto Nico dan Subhan Fajri yang perannya di timnas U-19 berbeda dengan di klub. Di klub, Nico kerap mengisi posisi penyerang sayap, sementara Subhan adalah pemain sayap. 

Namun di timnas U-19, Shin mengubah posisi mereka menjadi bek sayap (wing back).Di posisinya saat ini, Nico sudah melesakkan dua gol di Piala AFF U-19 2022. 

Terkini, Jumat (8/7/2022), pesepak bola berusia 19 tahun itu membuat gol ke gawang Filipina untuk membawa Indonesia menang 5-1. Saat melawan Filipina itu, Nico sempat terjatuh dan dibawa ke luar lapangan. 

Namun, Shin memintanya untuk kembali ke lapangan setelah mendapatkan perawatan sekitar empat menit. "Nico hanya kram. Saya sempat melihat dia untuk memastikan keadaannya. Akan tetapi, saya mau tak mau harus memaksanya bermain karena jatah pergantian pemain sudah habis," kata Shin.

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi delapan poin dari empat laga (selisih gol 11).

Skuad "Garuda Nusantara" akan lolos ke semifinal jika mampu menundukkan Myanmar pada laga terakhir mereka di Grup A kontra Myanmar, Ahad (10/7/2022), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sebab, pada hari yang sama, pemuncak klasemen Grup A Vietnam (10 poin dari empat laga, selisih gol sembilan), akan menghadapi peringkat kedua Thailand (10 poin dari empat laga, selisih gol enam).

Andai Indonesia menundukkan Myanmar dan Vietnam versus Thailand berakhir imbang, Vietnam dan Indonesia lolos ke semifinal. Kalau Vietnam mengalahkan Thailand, Vietnam ke empat besar bersama Indonesia. Kalau Thailand menaklukkan Vietnam, Thailand dan Indonesia-lah yang berhak ke semifinal.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement