Ahad 10 Jul 2022 18:54 WIB

Ini Tips Olah Daging Kurban di Tengah Wabah PMK

Ada enam tips untuk olah daging kurban

Rep: ruzdy nurdiansyah/ Red: Partner
.
Foto: network /ruzdy nurdiansyah
.

Tips mengolah daging kurban

ruzka.republika.co.id--Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida membagikan tips mengolah daging kurban di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Hal ini disampaikan dalam kanal Youtube pribadinya, Ahad (10/07/2022).

Dalam kanal Youtube Sapa Bunda Spesial Idul Adha, Bunda Elly memberikan enam tips untuk masyarakat. Pertama, daging kurban tidak dicuci sebelum diolah. Kedua, jika ingin langsung diolah, rebus daging dalam air mendidih minimal 30 menit.

Berikutnya, kalau daging tidak langsung diolah, maka daging bersama kemasan disimpan terlebih dahulu pada suhu dingin (chiller) minimal 24 jam, kemudian disimpan dalam suhu beku atau freezer. Keempat, pastikan memilih jeroan yang sudah direbus.

"Kelima, kalau jeroan masih mentah, rebus dahulu dalam air mendidih selama 30 menit sebelum disimpan di kulkas atau diolah. Terakhir, bekas kemasan daging dan jeroan tidak langsung dibuang, direndam dahulu dengan disinfektan, pemutih pakaian atau cuka dapur," terang Bunda Elly.

Dia berharap, tips yang disampaikannya dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Depok. Meski sedang terjadi wabah PMK, momentum Iduladha dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

"Semoga kita dapat memetik hikmah dari kisah Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Satu momentum kita untuk berempati, berbagi, dan memberi disekeliling kita. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H, mohon maaf lahir dan batin," harap Bunda Elly. (Rusdy Nurdiansyah)

Advertisement