Ahad 10 Jul 2022 22:00 WIB

Meski Bantai Myanmar 5-1, Indonesia Tetap Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Di laga lain, Vietnam bermain imbang 1-1 dengan Thailand.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Andri Saubani
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Alfredo Tata (tengah) dihadang dua pesepak bola Tim Nasional Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (10/7/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Alfredo Tata (tengah) dihadang dua pesepak bola Tim Nasional Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (10/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Indonesia menang telak atas Myanmar 5-1. Sempat tertinggal di awal pertandingan, Indonesia mampu membalikan keadaan di babak pertama dengan unggul 4-1. Tuan rumah kemudian menambah satu gol lagi di babak kedua untuk mengakhiri pertandingan di Stadion Patriot Chandrabaga, Ahad (11/7) dengan skor 5-1. 

Sayang, Indonesia gagal lolos ke semifinal. Karena pada pertandingan lain Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1. Indonesia memiliki poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand, namun kalah head-to-head, sehingga berada di peringkat ketiga Grup A.

Baca Juga

Indonesia sudah tertinggal pada menit ke-8 dimana Myanmar memanfaatkan skema tendangan sudut dan dicetak oleh La Min. Namun Indonesia mampu merespons  dengan baik, ketika menyamakan kedudukan pada menit 18.

Tendangan bebas Arkhan mampu disundul dengan baik oleh Muhammad Ferarri dan membuat skor jadi 1-1. Indonesia memiliki peluang untuk berbalik unggul pada menit 21. Rabbani berhadapan satu lawan satu dengan kiper Myanmar, namun masih bisa dihalau.

Tetapi tuan rumah akhirnya bisa membalikan kedudukan pada menit 24, ketika tendangan Arkhan dari luar kotak penalti tak mampu diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Hein Htet Soe. Skor 2-1 untuk Indonesia. Ferarri kembali membuat Indonesia memperlebar keunggulan. Lagi-lagi melalui skema tendangan bebas yang kemudian disundul dengan sempurna untuk merobek gawang Myanmar.

Hanya butuh waktu setengah jam buat Indonesia pesta gol, usai Rabbani mampu memanfaatkan umpan terobosan pada menit 32, melalui penyelesaian tendangan kaki kanan yang keras. 4-1 untuk Indonesia. Keunggulan ini membuat penggawa Indonesia bermain lebih tenang dibandingkan di awal babak pertama. Skor 4-1 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, skuad asuhan Shin Tae-yong itu sedikit mengendurkan serangan. Hampir tidak ada peluang emas dari kedua tim selama 15 menit babak kedua berjalan. Myanmar menciptakan peluang lebih dulu di babak kedua, saat La Min menguasai bola di kotak penalti. Tapi tendangan kaki kirinya masih bisa diblok oleh kiper Cahya Supriadi.

Indonesia akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit 73. Kerja sama apik di lini depan diselesaikan dengan tenang oleh Ronaldo Kwateh. Skor 5-1 untuk Indonesia, yang kemudian bertahan hingga laga usai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement