Rabu 17 Jul 2019 12:41 WIB

Ketika Guru Tinggal di Toilet Sekolah

Guru Nining yang tinggal di toilet sekolah adalah motret miris pendidik di negeri ini

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Nining (44) guru honorer di  SD Negeri Karya buana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, terpaksa harus tinggal di toilet sekolah tempatnya mengajar karena kondisi ekonomi yang lemah, Senin (15/7).
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Nining (44) guru honorer di SD Negeri Karya buana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, terpaksa harus tinggal di toilet sekolah tempatnya mengajar karena kondisi ekonomi yang lemah, Senin (15/7).

Seorang guru honorer di SD Negeri Karya Buana 03 di Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, tinggal satu bangunan dengan toilet sekolah, tempatnya mengajar, karena sempitnya kondisi perekonomian.

Dengan gaji hanya Rp 350 ribu per bulan dan suaminya Ebi (46) yang bekerja serabutan. Pihak sekolah yang awalnya keberatan, akhirnya memberi izin. Bahkan guru tersebut merasa beruntung karena mendapat tempat tinggal gratis.

Baca Juga

Ada dua ruang. Yang pertama, yaitu kamar toilet sekolah yang digunakan untuk dapur dan tempat salat. Sementara ruang kedua yang ada di samping toilet digunakan sebagai ruang tidur dan tempat usaha warung jajanan siswa.

Untuk ruang tidur dan warung jajanan, masing-masing sekiranya berukuran 3x3 meter yang hanya dibatasi dengan sekat kayu triplek tipis untuk menutupi ruang tidur. Modal jualan didapat dari bank keliling. Seperti kita tahu, bahwa pinjaman bank akan berbunga. Ada kelebihan yang harus dibayar. Dan itu adalah riba.