Jumat 29 Nov 2019 17:02 WIB

Hentikan Impor Sampah Plastik

Pemerintah harus tegas dengan menghentikan impor sampah plastik yang rusak kesehatan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warga menunjukkan temuan uang dolar Amerika saat memilah sampah plastik di tumpukan sampah impor di Desa Tamansari, Karawang, Jawa Barat, Senin (1/7/2019).
Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Warga menunjukkan temuan uang dolar Amerika saat memilah sampah plastik di tumpukan sampah impor di Desa Tamansari, Karawang, Jawa Barat, Senin (1/7/2019).

Ironis, tak hanya mengimpor barang lain, negeri ini pun pengimpor sampah plastik. Padahal sampah impor yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar mencemari udara, bahkan ditemukan adanya kandungan polutan berbahaya pada telur ayam penyebab kanker hingga cacat saat lahir.

Telah sering terjadi penolakan impor sampah baik dari masyarakat maupun aktivis lingkungan karena sampah impor yang ditemui beracun dan tidak sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Namun aturan ini sering dilanggar.

Baca Juga

Pemerintah harus bertindak tegas. Tidak cukup mengembalikan sampah impor ke negara asalnya, tetapi harus menghentikan pengimporan sampah. Jangan karena keuntungan sesaat lantas mengabaikan kesehatan masyarakat.

Pengirim: Ida Annisa, Sleman, Yogyakarta

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا تَأْوِيْلَهٗۗ يَوْمَ يَأْتِيْ تَأْوِيْلُهٗ يَقُوْلُ الَّذِيْنَ نَسُوْهُ مِنْ قَبْلُ قَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّۚ فَهَلْ لَّنَا مِنْ شُفَعَاۤءَ فَيَشْفَعُوْا لَنَآ اَوْ نُرَدُّ فَنَعْمَلَ غَيْرَ الَّذِيْ كُنَّا نَعْمَلُۗ قَدْ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ وَضَلَّ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَفْتَرُوْنَ ࣖ
Tidakkah mereka hanya menanti-nanti bukti kebenaran (Al-Qur'an) itu. Pada hari bukti kebenaran itu tiba, orang-orang yang sebelum itu mengabaikannya berkata, “Sungguh, rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran. Maka adakah pemberi syafaat bagi kami yang akan memberikan pertolongan kepada kami atau agar kami dikembalikan (ke dunia) sehingga kami akan beramal tidak seperti perbuatan yang pernah kami lakukan dahulu?” Mereka sebenarnya telah merugikan dirinya sendiri dan apa yang mereka ada-adakan dahulu telah hilang lenyap dari mereka.

(QS. Al-A'raf ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement