Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lintas

4 Cara Populer Dapat Uang dari Main Game Online

Teknologi | Thursday, 18 Nov 2021, 16:18 WIB
via katalogue.id
via katalogue.id

Ada beberapa cara popular untuk dapat uang dari main game online. Salah satunya adalah dengan jadi Streamer.

Dan saat ini ada banyak sekali platform streaming yang bisa dimanfaatkan seperti Facebook Gaming, Twitch, Youtube, NimoTV dan lain sebagainya.

Karena itu, jika suka main game dan ingin menghasilkan uang dari aktivitas tersebut, bisa manfaatkan semua cara yang akan saya ulas dibawah ini.

Siapa tahu, pada akhirnya, aktivitas main game online entah itu Battle Royale atau Moba bisa mengubah nasib anda.

Lantas, apa saja cara populer dapat uang dari main game online? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Gabung ke Tim Esports

Gambar via oneesports.gg
Gambar via oneesports.gg

Cara pertama adalah dengan gabung ke Tim eSport. Dengan demikian, anda harus punya skill yang mumpuni karena ini bakal jadi pekerjaan utama anda.

Ibaratnya, sebagai player kompetitif, tugas anda hanya mengasah skill dan kemampuan. Harus main game tiap hari, agar kemampuan meningkat.

Selain itu, ada juga kontrak yang harus diikuti, yang didalamnya mengatur hal-hal umum dan hal-hal khusus terkait dengan player.

Lantas, bagaimana cara gabung ke Tim eSports? Ada banyak cara. Salah satunya dengan ikut seleksi yang diselenggarakan oleh perekrut.

Seperti saat melamar satu pekerjaan dimana anda harus bersaing dengan player-player lain yang mungkin saja lebih jago dari anda.

Jadi, kemampuan bermain gamelah yang akan dilihat disini. Dengan demikian, jika bercita-cita jadi player kompetitif, harus benar-benar tahu skill anda sudah sampai dimana.

Atau, bisa gabung ke tim-tim kecil dulu. Lalu kembangkan tim tersebut dari nol sampai berhasil reputasi clan berhasil naik.

Salah satu kelebihan dari gabung ke Tim eSport adalah soal pendapatan. Layaknya pekerjaan lain dimana anda dapat gaji dari situ.

Gaji yang diperoleh tentunya konsisten di angka tertentu. Dan ini adalah salah satu cara aman untuk dapat penghasilan tanpa harus bergantung sama trend atau jumlah penonton.

2. Upload Gameplay ke platform video On-Demand

Gambar via variety.com
Gambar via variety.com

Kalau suka tantangan yang lebih, bisa upload gameplay ke platform video on deman seperti Youtube atau Facebook Watch.

Tentu saja, video yang di upload nichenya gaming sesuai dengan kategori game yang dimainkan apakah Moba, battle royale atau yang lainnya.

Selain skill dan keammpuan yang unik, anda juga di tuntut punya keahlian lain mulai dari manajemen waktu, editing video sampai desain thumbail.

Itu adalah tiga basic kemampuan yang wajib dimiliki content creator utama. Terlebih yang baru rilis channel atau halaman Facebook dari Nol.

Jika nanti sudah memenuhi syarat monetisasi, anda bisa daftar untuk kemudian dapat penghasilan dari situ.

Jika upload video di Youtube, prosesnya mungkin lebih mudah. Mengapa? Berkat adanya system bobble and homepage Youtube.

Maksudnya gimana? Maksudnya, semakin sering upload video, semakin besar kemungkinan video itu direkomendaiskan ke pengguna yang mungkin tertarik pada video anda.

Semakin besar rekomnedasi, semakin tinggi pula watchtime. Jika watchtime meningkat, subscriber akan bertambah, yang berdampak pada penghasilan.

Selain itu, syarat monetisasinya pun jauh lebih mudah. Dimana anda hanya perlu kumpulkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber maka sudah bisa monetisasi video tersebut.

Beda kasus jika upload video di Facebook Watch dimana harus punya minimal 30.000 followers agar bisa daftarkan ke In-stream Facebook.

3. Jadi Streamer Game

Gambar via penghasiluang.web.id
Gambar via penghasiluang.web.id

Cara yang ketiga adalah dengan jadi streamer game online di beberapa situs dan aplikasi streaming game online seperti Facebook Gaming, Youtube, NimoTV, Twitch dan lain sebagainya.

Di Indonesia, ada dua platfom yang cukup populer yakni Facebook gaming dan NimoTV. Jadi, bisa pilih salah satunya.

Meski dua-duanya punya fitur monetisasi, tapi Facebook gaming dianggap lebih baik. Mengapa? Karena fitur monetisasinya yang cukup langsung.

Dimana, selain iklan yang nongol saat stream berlangsung, streamer juga bisa dapat penghasilan tambahan dari stars dan supporter.

Stars ini bentuknya donasi dimana viewers harus beli stars dulu untuk diberikan kepada creator yang disukai.

Setiap stars yang diberikan setara dengan $0,01. Jika stream sedang ramai-ramainya, bisa saja anda dapat lebih dari 10.000 star per stream.

Atau setara dengan US$100 yang jika dirupiahkan mencapai Rp1.400.000. Dan ini sekali stream, bayangkan jika stream 2 kali sehari selama 30 hari.

Selain dari stars, anda juga bisa dapat tambahan penghasilan dari supporter. Caranya dengan mendukung creator yang disukai untuk dapat berbagai benefit.

Dan ada biaya yang harus dikeluarkan jika ingin jadi supporter mulai dari Rp15.000 sampai dengan Rp50.000.

Karena gaji streamer yang menggiurkan tersebut, banyak gamer yang ingin fokus ke bidang ini, baik sebagai pekerjaan utama atau sampingan saja.

4. Ikut turnamen kecil-kecilan

Gambar via latimes.com
Gambar via latimes.com

Cara terakhir, yang juga cukup populer adalah dengan ikut turnamen game online kecil-kecilan yang diselenggarakan oleh organisasi atau lembaga tertentu.

Karena bentuknya turnamen, tentu ada hadiah yang didapat peserta. Besaran hadiahnya bergantung sama skala dan penyelenggara.

Bahkan, mungkin saja, turname tersebut jadi ajang perekrutan yang dilakukan tim eSports besar yang sedang cari kandidat untuk jadi player kompetitif mereka.

Jadi, tidak ada salahnya jika anda ikut turnamen seperti ini. Kalau beruntung jadi pemenang, anda bisa dapat hadiah dan sertifikat.

Selain itu, hadiah dan sertifikat itu juga bisa dijadikan portfolio jika nanti anda pengen jadi professional player atau jadi pemain kompetitif di masa mendatang.

Selain cara diatas, anda juga bisa manfaatkan alternatif lain untuk dapat uang dari main game online.

Mulai dari jasa joki akun untuk naikan rank atau rasio KD, ikut turnamen offline sampai dengan jual beli bahan cheat.

Tapi, cara yang terakhir ini sangat tidak disarankan. Karena merusak iklim main game yang adil dan sportif untuk semua pemain.

Kalau ada cara lain yang memungkinkan seseorang dapat uang dari main game, jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image