Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ari Santosa Pamungkas

Diplomasi MotoGP Mandalika untuk Indonesia dan Dunia

Olahraga | Wednesday, 23 Mar 2022, 18:15 WIB

Gelaran MotoGP Indonesia telah diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022 di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Apa saja yang bisa kita petik dari penyelenggaraan salah satu event balapan roda dua tersohor di dunia ini?

Pertamina Grand Prix of Indonesia diselenggarakan di Mandalika, tepatnya di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang terletak di sekitar 54 km dari Mataram, dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan mobil

Foto: Jarak kota Mataram ke Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Sumber: kolase pribadi

Mandalika, Magnet Baru Wajah Indonesia di Mata Dunia

Berbeda dengan sekian belas bahkan puluh tahun sebelumnya, ketika banyak bule yang lebih mengenal Bali, dibandingkan dengan Indonesia sendiri, pilihan pemerintah memilih Mandalika di Nusa Tenggara barat sebagai lokasi magnet wisata sudah sangat tepat.

Aku sendiri memang belum pernah ke Bali dan ke area timur Indonesia, meski banyak bagian Sumatera, hampir seluruh Jawa dan Kalimantan serta sedikit Sulawesi sudah ku datangi saat bertugas. Aku bisa membayangkan bahwa Mandalika ini merupakan salah satu tujuan wisata yang berubah jadi prioritas pertama untuk didatangi.

Kenapa?

Alasannya jelas. Sebagai contoh, pemenang perdana MotoGP Mandalika 2022 yaitu Miguel Oliveira yang “jatuh hati” dengan pelayanan Risman, seorang pelayan hotel, sehingga sampai mendedikasikan kemenangan itu untuk Risman!

Contoh lain pun tak kalah seru, dimana hampir semua pembalap bisa merasakan atmosfer “liburan singkat” di negara tropis yang bergelimang sinar matahari dan bisa puas minum air kelapa muda.

Satu sisi yang awalnya dikhawatirkan merusak mood pembalap bule ini adalah suhu udara yang termasuk panas, ternyata bisa dinikmati oleh para pembalap bahkan dengan berendam di aneka bak mandi portabel.

Kalau bule saja bisa menikmati Mandalika, bagaimana dengan kita? Ya jelas selain bisa menikmati para pembalap saling rebut posisi terdepan di sirkuit sepanjang 4,3 km ini, kita punya banyak pilihan pemandangan pantai yang indah dan alami.

Selain pantai, kita bisa banget mengunjungi air terjun Sarang Burung Walet, Sindanggile, maupun menikmati tari tradisional lokal, yaitu Tari Bisoq Menik, yang dibawakan oleh kaum perempuan dari desa Sembalun yang berjalan ke mata air terdekat untuk mencuci beras.

Lepas menikmati aneka tujuan wisata, tentu perut minta jatah untuk diisi bukan? Nah di Mandalika ini juga enak dan seru menu kulinernya.

Sebut saja misalnya yang paling terkenal, Ayam Taliwang untuk makan siang atau malam. Untuk sarapan, bisa banget nyobain nasi balap buyung inaq yang penuh dengan filosofi. Kalau Anda belum pernah nyobain, ya wajib banget makan menu ini ya.

Kombinasi keramahan warga lokal, destinasi wisata alami, dan pilihan kuliner yang dapat diterima perut internasional. Merupakan 3 kunci Mandalika dalam merebut perhatian dunia. Mandalika memerlukan MotoGP, dan MotoGP memerlukan Mandalika.

Menonton MotoGP 2022 Lewat Apa?

Sejak tahun 90-an akhir aku sudah mulai menonton gelaran MotoGP di TV, kemudian akhirnya sekarang ini aku dan keluargaku lebih memilih menonton via streaming kualitas tinggi yang bisa terlaksana ketika menggunakan sambungan Wifi Cepat di hape kita.

Untungnya, sejak 2015 sampai dengan saat ini, rumahku sudah merasakan manfaat IndiHome Internet Stabil yang pas banget untuk kebutuhan anak sekolah online, meeting daring, hingga untuk YouTube-an istriku.

Sebenarnya, kami pengen banget menonton langsung kebut-kebutan di sirkuit kebanggaan Indonesia ini. Tapi sayangnya saat ini kami belum bisa pergi ke sana karena ada pekerjaan yang tidak mungkin untuk ditinggalkan.

Akhirnya, kami menonton MotoGP Mandalika menggunakan app UseeTV Go dengan mengakses SPOTV Channel yang bikin puas karena ngga pake buffering pas nonton.

Aplikasi ini tersedia untuk hape berbasis Android dan iOS sehingga banyak orang bisa leluasa menginstall dan memakai aplikasi ini tanpa gangguan.

Kalau kalian, nonton MotoGP Mandalika 2022 lewat apa nih?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image