Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Djoko Soegiyanto, S.Pi, S.Pd, M.Pd.I

Pandemi Berakhir Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Guru Menulis | Thursday, 19 May 2022, 08:52 WIB

Kondisi Indonesia sekarang sudah memasuki tahapan endemi dimana tingkat penularan virus covid-19 alhamdulillah berangsur-angsur semakin menurun. Seiring dengan sosialisasi pemerintah untuk melaksanakan vaksin secara masif dan menyeluruh bagi setiap masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk divaksin. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh kepada naiknya tingkat kekebalan komunal di setiap wilayah di Indonesia.

Proses perubahan kondisi pandemi menjadi endemi tentunya terjadi secara bertahap dimana pemerintah sudah mengupayakan penanganan secara optimal. Melibatkan seluruh jajaran baik menteri kesehatan, dinas kesehatan, tenaga medis serta seluruh elemen masyarakat yang turut berperan aktif dalam penurunan penyebaran angka covid-19. Tentunya kondisi seperti ini harus kita syukuri dan pahami karena kondisi pandemi kemarin sangat memberikan efek yang luar biasa bagi setiap warga masyarakat, baik pedagang, pegawai kantor, guru, siswa di sekolah serta elemen masyarakat lain yang memang sangat berdampak dalam setiap aktivitas mereka. Oleh sebab itu penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M karena hal tersebut sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat.

Pelonggaran penggunaan masker dan tes PCR sudah mulai dilakukan artinya kondisi kesehatan masyarakat Indonesia sudah membaik dan mulai bangkit secara perlahan dan bertahap. Poin pentingnya adalah adanya sinergi, kerjasama dan kolaborasi dari semua elemen masyarakat dengan pemerintah apabila menghadapi kondisi pandemi beberapa tahun yang lalu. Karena pandemi covid-19 datngnya secara mendadak dan tiba-tiba dimana pemerintah cukup terkejut dengan kondisi tersebut. Ditambah lagi penyebarannya yang sangat cepat dan masif dimana virus covid-19 tersebut menular melalui udara dan saluran pernafasan manusia. Bukan saling menyalahkan karena hal tersebut akan memperburuk kondisi masyarakat pada saat itu.

Secara bertahap pemerintah juga melakukan langkah vaksinasi kepada seluruh masyarakat meliputi vaksin pertama, kedua sampai vaksin booster untuk melengkapi kekebalan tubuh yang kita miliki. Peran serta masyarakat dan kepala daerah untuk memberikan edukasi positip kepada seluruh elemen masayarakat bahwa vaksin insya Allah aman karena sudah dilakukan sesuai dengan pengawasan dan prosedur standar kesehatan. Karena penyebaran virus covid-19 sangat berbahaya bagi masyarakat terutama yang berusia lanjut dengan penyakit penyerta (komorbid). Sehingga perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam proses vaksinasi.

Semoga kondisi masyarakat Indonesia semakin membaik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M walaupun kondisi pandemi sudah mengalami perubahan ke kondisi endemi kita sebagai masyarakat tetap waspada dan lebih memperhatikan tentang artinya menjaga kesehatan baik di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Wallahua'alam bisshowab

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image