Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Petugas Temukan Cacing Hati di Tiga Sapi Qurban di Pasar Rebo

Senin 11 Jul 2022 04:50 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Panitia memotong daging sapi kurban di Sekretariat Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tebet Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (9/7/2022).

Panitia memotong daging sapi kurban di Sekretariat Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tebet Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (9/7/2022).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ditemukan cacing hati pada sapi sebanyak tiga ekor dan hatinya dimusnahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur (Jaktim), menemukan cacing hati pada tiga ekor sapi qurban di wilayah tersebut. Penyuluh Peternakan Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Suneb Sacapraja mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan setelah pemotongan (post mortem) hewan qurban pada Ahad (10/7/2022).

"Ditemukan cacing hati pada sapi sebanyak tiga ekor dan hatinya dimusnahkan. Sudah tidak layak konsumsi," kata Suneb di Jaktim, Senin (11/7/2022).

Suneb menjelaskan, pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan organ hewan qurban seperti jantung, hati, paru, limpa, ginjal yang dibagikan ke masyarakat layak konsumsi. Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo juga melakukan pemeriksaan sebelum hewan disembelih (ante mortem) untuk memastikan hewan qurban tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Untuk PMK aman (tidak ada hewan terpapar)," ujar Suneb. Sebelumnya Sudin KPKP Jaktim mengerahkan sebanyak 181 petugas gabungan untuk melakukan pemeriksaan post mortem hewan qurban di tempat pemotongan pada Idul Adha 1443 Hijriah. Petugas tersebut berasal Sudin KPKP Jaktim, Dinas KPKP DKI Jakarta, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan mahasiswa IPB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile