Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tips dari Jess Martini Viral di TikTok: Ini yang Harus Dilakukan Ketika Anak Hilang

Senin 11 Jul 2022 05:57 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Orang tua mendampingi anaknya bermain di Taman Kaulinan, Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022). Ketika anak hilang dari pandangan, jangan sekadar berteriak memanggil namanya.

Orang tua mendampingi anaknya bermain di Taman Kaulinan, Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022). Ketika anak hilang dari pandangan, jangan sekadar berteriak memanggil namanya.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua ketika mencari anak hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sama seperti ibu baru di seluruh dunia, salah seorang warga New York City, Amerika Serikat, Jess Martini (31 tahun), juga sempat mengalami kewalahan. Kini, tips parenting yang  dibagikan Jess viral di media sosial, khususnya tentang cara mencari anak yang hilang dari pandangan entah itu saat berada di rumah atau di tempat umum.

Panik dan takut, menurut Jess, banyak orang tua bereaksi dengan cara yang salah. Beberapa tips yang dibagikan ibu tiga anak itu melalui akun TikTok @jesmartini dianggap bermanfaat bagi lebih dari 500 ribu pengikutnya.

Baca Juga

"Saya mempelajari tentang perkembangan anak di perguruan tinggi. Tapi belakangan ini, saya hanya ingin meneliti topik yang sedang dipikirkan orang tua lain," ujar Jess, dilansir Insider, Senin (11/7/2022).

Berikut ini adalah tips Jess mengenai cara menyikapi anak yang hilang sambil tetap meredam kepanikan:

1. Panggil anak dengan suara keras

Banyak orang tua mencari anak yang hilang dalam diam. Padahal, mencari dengan suara keras justru sangat membantu. Teriakan ini dapat menarik perhatian orang lain di sekitar, dan dapat membantu menarik perhatian anak.

Jika seseorang dengan niat buruk mencoba menculik, teriakan itu kemungkinan akan membuat mereka mengurungkan niatnya. Banyak orang tua merasa tidak enak membuat teriakan atau mungkin merasa malu jika ternyata sang anak hanya bersembunyi di rak pakaian.

2. Fokus pada ciri-ciri anak

Naluri pertama orang tua adalah meneriakkan nama anak. Kika anak hilang di tempat umum dan teriakan itu tidak membantu, maka segera fokus pada ciri-ciri anak.

Orang asing tentu tidak tahu siapa nama anak Anda. Sebaliknya, jika Anda memaparkan bahwa yang sedang dicari ialah anak laki-laki berusia tiga tahun dengan kemeja hijau dan rambut keriting, kemungkinan besar orang-orang di sekitar dapat membantu mengenali dan menemukannya.

Agar lebih mudah, Jess selalu memotret anak-anaknya sebelum pergi keluar rumah setiap hari. Dengan begitu, ia tahu apa yang anak-anaknya kenakan jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile