Senin 11 Jul 2022 16:34 WIB

BRINS dan Bengkel Mitra Tingkatkan Layanan Asuransi Kendaraan

Karyawan BRINS diharapkan bisa memberi layanan klaim dan informasi akurat ke nasabah.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
BRINS. BRI Insurance (BRINS), perusahaan asuransi anak usaha bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, bersama bengkel mitranya menggelar workshop untuk meningkatkan pelayanan klaim asuransi kendaraan.
Foto: brins.co.id
BRINS. BRI Insurance (BRINS), perusahaan asuransi anak usaha bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, bersama bengkel mitranya menggelar workshop untuk meningkatkan pelayanan klaim asuransi kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Insurance (BRINS), perusahaan asuransi anak usaha bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, bersama bengkel mitranya menggelar workshop untuk meningkatkan pelayanan klaim asuransi kendaraan.

Bersama Bengkel Tekno di Pulogadung, Jakarta Timur, BRINS menggelar "Workshop Motor Vehicle Claim Handling For Excellent Services" dengan tujuan agar para pekerja BRINS dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada nasabah yang mengajukan kliam, terutama untuk asuransi kendaraan.

Baca Juga

"Workshop bersama ini menjadi wadah untuk saling meningkatkan pengetahuan tentang mekanisme kerja di bengkel bagi para karyawan kami. Dengan begitu, karyawan dapat memberikan pelayanan klaim dan informasi yang akurat untuk nasabah," kata Direktur Teknik BRINS Ade Zulfikar dalam pernyataannya, Senin (11/7/2022).

Menurut Ade, merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas dari sisi internal. BRINS memiliki 174 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.

Beberapa materi yang disampaikan selama workshop pun disampaikan secara teori maupun praktik, dari mulai proses identifikasi kerusakan kendaraan, jenis-jenis kerusakan pada bagian kendaraan, pertimbangan diperbaiki atau penggantian spare part yang rusak, proses pengecatan, dan masih banyak lagi. "BRINS mempunyai cita-cita untuk menghilangkan stigma masyarakat yang berfikir klaim asuransi rumit dan prosesnya panjang. Di BRINS sekarang semua sudah disimplifikasi dengan claim center secara digital, dan workshop ini juga menjadi pendorong ekosistem digital klaim BRINS tersebut, tidak hanya sisi sistem yang dimaksimalkan, tapi dari sisi sumber daya manusianya juga," jelas Ade.

BRINS juga aktif menggelar sosialisasi dan simulasi claim center secara berkelanjutan yang dimulai dari seluruh cabang BRINS di pulau Jawa untuk mendukung kecepatan dan meningkatkan layanan klaim asuransi kendaraan.

Saat ini BRINS memiliki fitur claim center yang sudah terintegrasi dan digitalisasi secara menyeluruh. Nasabah memiliki kebebasan untuk memilih platform fitur klaim yang dimiliki BRINS, melalui BRINS Mobile, contact center, email, website, dan chatbot.

Semua platform tersebut terintegrasi dengan memungkinkan kecepatan proses verifikasi klaim secara real time maksimal 2 jam setelah nasabah melakukan laporan klaim. Selanjutnya, survei atas penanganan klaim dapat dilakukan secara langsung maupun secara online setelah laporan terverifikasi klaim maksimal 1x24 jam saja dan akan disambungkan ke bengkel terdekat.

Melalui B-Class, seluruh laporan dan dokumen yang dibutuhkan saat klaim disimplifikasi secara digital dan akan terintegrasi secara online sehingga memudahkan tracking klaim secara real time. "Dengan integrasi sistem klaim kami, masyarakat dapat merasakan kemudahan klaim dalam genggaman dan proses yang cepat. Kami harap bisa meningkatkan kepuasan dan menciptakan rasa aman pada masyarakat," kata Ade.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement