Senin 11 Jul 2022 20:18 WIB

Dubes RI untuk Tunisia Jajaki Kerja Sama Zaitunah dengan Istiqlal 

Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi apresiasi peran Masjid Zaitunah

Red: Nashih Nashrullah
Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi (kanan) bercengkerama dengan Imam Besar Masjid Zaitunah, Syekh Hisyam bin Mahmud di ruangan Imam Besar yang sangat historis, Ahad (10/7/2022). Dalam pertemuan itu Zuhairi  mengapresiasi peran Masjid Zaitunah
Foto: Dok Istimewa
Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi (kanan) bercengkerama dengan Imam Besar Masjid Zaitunah, Syekh Hisyam bin Mahmud di ruangan Imam Besar yang sangat historis, Ahad (10/7/2022). Dalam pertemuan itu Zuhairi mengapresiasi peran Masjid Zaitunah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Dubes RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, melakukan penjajakan kerja sama antara Masjid Zaitunah dengan Masjid Istiqlal Jakarta. Hal ini dilakukan di sela-sela silaturahimnya  dengan Imam Besar Masjid Zaitunah, Syekh Hisyam bin Mahmud di ruangan Imam Besar yang sangat historis, Ahad (10/7/2022).   

"Ada keinginan dari para ulama di Tunisia, khususnya Imam Besar Masjid Zaitunah untuk membangun kerja sama dengan masjid-masjid di Indonesia untuk penguatan moderasi beragama. Saya mengusulkan kepada Imam Besar agar ada kerja sama antara Masjid Zaitunah dan Masjid Istiqlal, Jakarta. Sebab kedua Masjid merupakan simbol kedua negara," ujar Zuhairi, dalam keterangannya, kepada Republika.co.id, Senin (11/7/2022). 

Baca Juga

"Saya sangat senang diterima Imam Besar Masjid Zaitunah di ruangannya yang sangat historis, karena masjid ini sudah berusia lebih dari 13 abad, salah satu masjid tertua di dunia. Masjid Zaitunah telah melahirkan sosok ulama besar, di antaranya Ibnu Khaldun, Ibnu Arafah, Hudhair Husein, Muhammad Thahir bin 'Asyur, dan lain-lain. Sebelumnya, Imam Besar Masjid meminta ingin berbincang-bincang bersama saya, yang disebutnya sebagai sahabat," ujar Dubes RI lulusan Universitas al-Azhar, Kairo Mesir itu.   

Syekh Hisyam bin Mahmud, Imam Besar Masjid Zaitunah memberikan hadiah mushaf Alquran dan buku kepada Duta Besar RI untuk Indonesia, serta menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim yang dikenal moderat dan mengedepankan akhlak. 

"Saya selalu kagum dengan moderasi dan perangai mulia Muslim Indonesia. Saya ingin supaya kerjasama Masjid Zaitunah dan Masjid Istiqlal benar-benar bisa diwujudkan di masa-masa mendatang," kata dia.  

Masjid Zaitunah, Tunis merupakan salah satu masjid yang bersejarah di dunia Islam. Masjid ini pula yang menginspirasi beberapa masjid dj dunia Islam, di antaranya al-Azhar Mesir, al-Qarawiyyin Maroko, dan al-Jazair. Masjid al-Zaitunah kemudian menjadi Universitas al-Zaitunah, kampus sebagian besar mahasiswa Indonesia di Tunisia.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement