Senin 11 Jul 2022 21:21 WIB

Wakaf Salman ITB Salurkan Hewan Qurban di Pelosok NTT

Wakaf Salman ITB menyalurkan hewan qurban di pelosok NTT

Red: Agung Sasongko
Sapi kurban
Foto: dailysabah
Sapi kurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakaf Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi berpartisipasi dalam menyalurkan hewan qurban untuk dibagikan kepada dhuafa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) di pelosok Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Bantuan sapi qurban dari Rumah Amal Salman itu telah diterima oleh pimpinan Masjid Sabilil Muttaqin SoE, Kabupaten TTS, H Muhammad Syarief dan pada Minggu (10/7/2022) bersama sapi perqurban lain telah dibagikan kepada dhuafa dan kelompok yang berhak menerima hingga ke pelosok," kata Shabrina Nora Zhafirah, yang menghubungkan pihak Wakaf Salman ITB dan Masjid Sabilil Muttaqin SoE saat dihubungi dari Kupang, Senin (11/7/2022).

Baca Juga

Wakaf Salman adalah lembaga "nazhir" di bawah Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB.Ia menjelaskan awalnya dirinya diinformasikan oleh Petugas Customer Service (CS) Kantor Pos SoE 85500 bahwa ada yang menghubungi dari Rumah Amal Salman ITB, yakni Direktur Wakaf Salman ITB Ir Hari Utomo dan meminta untuk menghubungi.

Dalam komunikasi yang dilakukan pada 16 Juni 2022, Hari Utomo menjelaskan mendapatkan informasi dari media massa bahwa tahun 2021 Kantor Pos SoE mengadakan qurban ke pelosok NTT dan pada 2022 ini, pihaknya juga ingin menyalurkan hewan qurban.

Selanjutnya, kata Fira, panggilan akrab Shabrina Nora Zhafirah karena pada 2022 Kantor Pos Soe tidak mengadakan kegiatan qurban, karena diselenggarakan di Kantor Pos Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, maka dari pihak Rumah Amal Salman ITB diarahkan untuk mengadakan qurban di Masjid Sabilil Muttaqin SoE yang dipimpin H Muhammad Syarief.

Lalu, dilakukan komunikasi melalui video antara tiga pihak, yakni dirinya, Direktur Wakaf Salman ITB Ir Hari Utomo dan pimpinan Masjid Sabilil Muttaqin Soe H Muhammad Syarief.Dalam komunikasi itu Hj Muhammad Syarief menyampaikan sangat senang karena sebenarnya dari dulu ia mencari donatur pequrban dari luar Soe, namun tidak kunjung dapat.

"Dan Alhamdulillah, melalui jembatan mbak Fira pada Idul Adha 1443 Hijriah ini akhirnya dibukakan pintu donatur pequrban, setelah sekian lama mencari-cari," katanya.

Kemudian, pada 4 Juli 2022, Direktur Wakaf Salman ITB Hari Utomo menghubungi kembali untuk mengonfirmasi bahwa dari Rumah Amal Salman ITB mempercayakan kepada Masjid Sabilil Muttaqin Soe untuk menyalurkan qurban seekor sapi dengan berat 300 kg untuk wilayah SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Fira menyampaikan rasa terima kasih kasih kepada Direktur Wakaf Salman ITB Hari Utomo atas kepercayaan mendistribusikan qurban dari Rumah Amal Salman ITB melalui Masjid Sabilil Muttaqin Soe yang telah diterima dengan baik, dan kepercayaan itu telah dilaksanakan.

"Daging qurban sudah diteruskan kepada yang layak menerimanya di wilayah NTT khususnya di SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan," katanya.

Ia menambahkan penyaluran dagingnya sudah diteruskan hingga ke pelosok di Kecamatan Amanuban Timur, yang meski jaraknya hanya 59 km, namun waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam karena jalanannya banyak yang rusak dan harus melewati sungai juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement