Selasa 12 Jul 2022 12:57 WIB

Subvarian Omicron Lebih Memungkinkan Reinfeksi Ulang

CDC sebut munculnya varian Covid-19 baru meningkatkan risiko infeksi ulang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
CDC sebut munculnya varian Covid-19 baru meningkatkan risiko infeksi ulang.
Foto: Pixabay
CDC sebut munculnya varian Covid-19 baru meningkatkan risiko infeksi ulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang sudah terinfeksi Covid 19, bukan berarti Anda terbebas dari virus ini. Selama dua tahun terakhir, banyak orang mengalami masalah lanjutan setelah infeksi awal mereka. Long Covid, rebound Paxlovid, dan bahkan infeksi ulang banyak terjadi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kebanyakan individu akan memiliki perlindungan dari infeksi berulang setelah pulih dari Covid 19. Namun, ada kemungkinan orang terkena virus beberapa kali.

Baca Juga

"Reinfeksi dengan virus yang menyebabkan Covid 19 berarti seseorang terinfeksi, sembuh, dan kemudian terinfeksi lagi," jelas CDC seperti dilansir dari laman Best Life Online, Rabu (13/7/2022).

Mungkin Anda merasa mendengar lebih banyak tentang infeksi ulang sekarang daripada sebelum tahun 2022. Faktanya memang demikian.

"Jika Anda bertanya kepada saya tentang infeksi ulang mungkin satu setengah tahun yang lalu, saya akan memberi tahu Anda bahwa mungkin saya memiliki pasien di sini atau di sana, tetapi itu sangat, sangat jarang," ungkap direktur Pusat Epidemiologi Klinis dan kepala layanan penelitian dan pendidikan di Sistem Perawatan Kesehatan St. Louis Urusan Veteran, Ziyad Al-Aly, MD.

Namun, kini itu tidak berlaku lagi. Menurut CDC, munculnya varian Covid 19 baru, dapat meningkatkan risiko infeksi ulang. Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang saat ini menyebar dengan cepat adalah beberapa pelanggar terburuk.

Ahli penyakit menular UC San Francisco, Peter Chin-Hong, MD, mengatakan kekuatan super kedua subvarian adalah infeksi ulang, karena mereka memiliki kemampuan untuk dengan cepat menghindari kekebalan yang ada. Bahkan di antara mereka yang baru saja terinfeksi dengan subvarian Omicron lainnya.

"Apa yang kami lihat adalah peningkatan jumlah orang yang telah terinfeksi BA2 dan kemudian terinfeksi (lagi) setelah empat minggu," jelas Andrew Robertson, kepala petugas kesehatan Australia Barat. 

Jadi mungkin enam sampai delapan minggu (kemudian) mereka mengembangkan infeksi kedua, dan itu hampir pasti BA4 atau BA5. Orang yang terkena Covid 19 lebih dari satu kali dapat berisiko mengalami masalah kesehatan lainnya. Sebuah studi baru yang dirilis sebagai pracetak untuk Nature Portfolio menemukan ada beberapa risiko kesehatan berbahaya yang terkait dengan penangkapan Covid 19 lebih dari sekali.

Para peneliti untuk penelitian ini menggunakan catatan kesehatan lebih dari 5,6 juta orang yang dirawat di VA Health System untuk membandingkan pasien yang hanya memiliki satu infeksi Covid 19 dengan mereka yang memiliki dua atau lebih infeksi yang dilaporkan.

Menurut penelitian, orang yang telah terinfeksi Covid 19 lebih dari satu kali memiliki risiko kematian dua kali lipat. Selain itu, risiko rawat inap tiga kali lipat dalam enam bulan setelah infeksi terakhir mereka, dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki satu kasus Covid 19.

Para peneliti juga menemukan orang-orang ini memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi kesehatan baru dan bertahan lama. Para ahli mengatakan temuan ini bertentangan dengan asumsi banyak penyintas Covid.

Tidak ada yang ingin terkena Covid 19 lebih dari sekali, tetapi banyak orang berasumsi jika mereka selamat dari serangan pertama mereka dengan virus, mereka akan baik-baik saja jika mereka mendapatkannya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement