Selasa 12 Jul 2022 20:10 WIB

Geneva, Media Sosial Baru yang Menjadi Pembicaraan Gen Z

Geneva memiliki tampilan reddit, Twitter, Instagram dan Clubhouse menjadi satu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Geneva adalah jaringan sosial dengan tampilan reddit, Twitter, Instagram dan Clubhouse, semuanya menjadi satu.
Foto: geneva
Geneva adalah jaringan sosial dengan tampilan reddit, Twitter, Instagram dan Clubhouse, semuanya menjadi satu.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Pada saat platform komunitas bermunculan di seluruh web, satu aplikasi sosial baru tampaknya telah menarik perhatian Generasi Z. Aplikasi itu disebut Geneva. Geneva adalah jaringan sosial dengan tampilan reddit, Twitter, Instagram dan Clubhouse, semuanya menjadi satu.

Platform Geneva menggambarkan dirinya sebagai “aplikasi komunikasi lengkap yang dirancang untuk percakapan yang terorganisasi dan berkelanjutan dengan semua orang favorit Anda.” Jejaring sosial yang popularitasnya semakin meningkat ini memiliki ambisi yang jelas untuk menyatukan berbagai kebutuhan pengguna hanya di satu tempat.

Baca Juga

Didirikan pada tahun 2019 di New York, Amerika Serikat (AS), jejaring sosial tersebut resmi diluncurkan pada Maret 2020. Sejak saat itu, platform ini dapat diakses di banyak negara, seperti Prancis, Spanyol, dan Inggris, tetapi juga Vietnam, Zimbabwe, dan Yaman, baik di iOS maupun Android, serta di PC dan Mac.

"Lebih terorganisir daripada GroupMe, lebih pribadi daripada Facebook, dan lebih menyenangkan daripada Slack," demikian bunyi situs jejaring sosial itu, dilansir dari Malay Mail, Selasa (12/7/2022).

Geneva menawarkan posting tertulis di ruang bergaya forum seperti di Reddit tertulis. Pengguna mengatur “Home”, halaman beranda dengan berbagai “rooms” atau grup yang didedikasikan untuk topik tertentu.

“Rooms” ini dapat berupa publik atau pribadi. Seperti di Twitter, pengguna dapat menyebut orang lain menggunakan tanda "@" diikuti dengan nama pengguna mereka, membalas dengan "thread", menambahkan file, meluncurkan polling, menyematkan konten, dan bereaksi dengan emoji.

Pesan pribadi juga dimungkinkan di Geneva. Pengguna dapat mengatur kalender, yang dapat mencakup undangan dan pengingat. Platform ini memungkinkan pengguna membuat komunitas sesuai dengan lokasi dan minat mereka. 

Selain itu, ruangan siaran langsung video dengan maksimal sembilan orang di atas panggung dan ribuan pemirsa untuk menelepon saat siaran. Geneva memerlukan nomor telepon untuk mendaftar. 

Terakhir, halaman “Explore” memberi pengguna opsi untuk bergabung dengan “Homes”, grup yang didedikasikan untuk komunitas, topik, atau tujuan, misalnya, tempat mereka dapat bergabung dalam percakapan dan berinteraksi dengan pengguna lain.

Visi ini menarik bagi Generasi Z, generasi yang menyukai komunitas, saling mendukung, dan bekerja sama. Untuk masuk ke grup ini, pengguna harus menjawab kuesioner sebelum diizinkan untuk bergabung. Ini membantu mengelola diskusi dengan lebih baik untuk menghindari konten kebencian konsep lain yang menarik bagi generasi muda. Jaringan ini bahkan telah melipatgandakan jumlah penggunanya sejak awal tahun 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement