Selasa 12 Jul 2022 19:07 WIB

YouTube Bakal Kembalikan Akun Streaming Lofi Girl?

Lofi Girl menjalankan dua streaming, saluran ini dihapus karena klaim hak cipta palsu

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – YouTube telah menghapus saluran streaming Lofi Girl yang dikenal sebagai saluran musik santai bergenre lofi. Tindakan itu dilakukan setelah klaim hak cipta palsu.

Lofi Girl sering digunakan bagi mereka yang ingin ditemani saat belajar atau bersantai. Lofi Girl menjalankan dua streaming, yaitu "Lofi hip hop radio – beats to relax/study" dan "Lofi hip hop sleep/relax." Pada Ahad lalu, akun Twitter Lofi Girl mengatakan dua saluran streamingnya telah dihapus karena pelanggaran hak cipta.

Baca Juga

“Radio lofi telah diturunkan karena teguran hak cipta palsu. Semoga @YouTubeCreators @YouTube akan menyelesaikan ini dengan cepat.” tweet Lofi Girl.

Kebijakan hak cipta YouTube menyatakan kreator hanya boleh mengunggah video yang telah mereka buat atau yang diizinkan untuk mereka gunakan. “Setiap orang memiliki akses ke alat Pengelolaan Hak Cipta YouTube yang memberi pemegang hak kendali atas materi cipta mereka di YouTube," kata YouTube.

Namun, penghapusan saluran Lofi Girl telah menimbulkan protes warganet. Tagar #BringBackLofiGirl mulai viral di media sosial. Beberapa di antara mereka juga mengkritik kebijakan teguran hak cipta YouTube.

“#BringBackLofiGirl Saya tidak bisa belajar atau melakukan apa pun dan tetap tenang tanpa ini,” kata salah seorang warganet.

“Saluran ini telah menjadi bagian besar dari hidup saya. Teguran hak cipta palsu ini merusak YouTube. #bringbacklofigirl,” tulis pengguna lain.

Dilansir NBC News, Selasa (12/7/2022), sebelumnya, YouTube telah dipanggil oleh Lofi Girl karen kesalahan serupa pada tahun 2020. Pada Senin kemarin, akun Twitter TeamYouTube yang digunakan untuk membantu dan menanggapi pembuat dan pengguna menanggapi cuitan Lofi Girl. Mereka meminta maaf atas kesalahan tersebut.

“Kami telah menyelesaikan teguran dan akan memulihkan video Anda. Butuh waktu 24-48 jam agar semuanya kembali berjalan normal. Kami meminta maaf atas kejadian ini dan berterima kasih atas kesabaran Anda,” kata YouTube.

Menurut deskripsi saluran, dua streaming Lofi Girl telah ditonton 817 juta kali secara kolektif. Yang lebih populer dari dua saluran ini adalah "Lofi hip hop radio – beats to relax/study" yang memainkan aliran musik tanpa henti dengan visual gadis sedang menulis di buku catatannya pada malam hari saat hujan ditemani dengan kucingnya yang duduk di jendela.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement