Selasa 12 Jul 2022 18:12 WIB

Wanita Muslim Asal Nigeria Menjadi Mahasiswa Terbaik di Universitas Manchester

Prestasinya patut menjadi teladan bagi mahasiswa Muslim di seluruh dunia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Halima Ali Shuwa dinobatkan sebagai mahasiswa pascasarjana terbaik tahun ini di University of Manchester, Inggris. Prestasinya patut menjadi teladan bagi mahasiswa Muslim di seluruh dunia.
Foto: @Shuwa143
Halima Ali Shuwa dinobatkan sebagai mahasiswa pascasarjana terbaik tahun ini di University of Manchester, Inggris. Prestasinya patut menjadi teladan bagi mahasiswa Muslim di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Halima Ali Shuwa dinobatkan sebagai mahasiswa pascasarjana terbaik tahun ini di University of Manchester, Inggris. Prestasinya patut menjadi teladan bagi mahasiswa Muslim di seluruh dunia.

 

Baca Juga

Halima Ali Shuwa merupakan mahasiswi Imunologi di Fakultas Biologi, Kedokteran dan Kesehatan. Prestasinya itu, ia ungkapkan juga di halaman media sosialnya.

 

"Ya. Saya dianugerahi PGR (penelitian pascasarjana) mahasiswa tahun ini oleh Fakultas Biologi, Kedokteran, dan Kesehatan Universitas Manchester di Inggris,” tulis Shuwa di LinkedIn, dilansir dari About Islam, Selasa (12/7/2022).

 

“Sulit untuk mengungkapkannya dengan kata-kata. Ini terasa sangat tidak nyata,” kata dia.

 

Shuwa juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dana Pengembangan Teknologi Minyak dan pemerintah Nigeria yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk berkembang dan menjadi yang terbaik. Dia juga berterima kasih kepada Fakultas Biologi, Kedokteran dan Kesehatan Universitas Manchester dan Akademi Doktoral Manchester yang telah memberikan kehormatan tersebut.

 

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prof Tracy Hussell dan Dr Madhvi Menon atas bimbingan, bimbingan, dorongan, dan persahabatan Anda,” tulisnya.

 

Cerita Sukses

 

Shuwa memulai karier akademisnya setelah mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Laboratorium Medis (BMLS) di Universitas Maiduguri, Borno State dan gelar Master di bidang Imunologi di Universitas Usman Danfodiyo, Negeri Sokoto.

 

Pada 2018, Shuwa memenangkan penghargaan beasiswa luar negeri Dana Pengembangan Teknologi Minyak untuk melakukan perjalanan ke Inggris untuk gelar doktornya. Tumbuh dalam keluarga besar, karena ayahnya memiliki 30 anak, Shuwa berterima kasih kepada keluarganya karena telah mendukungnya.

 

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk orang tua saya Alh Ali Shuwa dan mendiang Haji Binta Ali Shuwa (Tuhan, saya harap saya membuat mereka bangga), saudara saya Iliyasu Ali Shuwa (orang yang saya hormati sepanjang masa), suami saya Mukhtar Maikusurwa,” katanya.

 

“Seluruh keluarga Ali Shuwa dan semua keluarga dan teman-teman saya atas semua dukungan, dorongan, dan doa yang telah Anda berikan kepada saya.”

 

Ada beberapa kisah sukses lainnya dari mahasiswa Muslim di seluruh dunia. Bulan lalu, Lava Haji, seorang mahasiswa Muslim Suriah berusia 19 tahun, dinobatkan sebagai mahasiswa tahun 2022 di Belanda, sebagai pengakuan atas bakatnya dalam lingkungan yang sangat kompetitif. Fareedah Oyolola dari Lagos, Nigeria, dinobatkan sebagai salah satu siswa terpintar di dunia oleh Johns Hopkins Center for Talented Youth (CTY) pada Agustus 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement