Rabu 13 Jul 2022 18:28 WIB

 3 Alasan Kacang Kenari Baik untuk Kesehatan Otak

Mengonsumsi kenari bisa membantu memelihara kesehatan otak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Mengonsumsi kenari bisa membantu memelihara kesehatan otak.
Foto: Pikrepo
Mengonsumsi kenari bisa membantu memelihara kesehatan otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pikiran yang tajam dan otak yang sehat merupakan bagian penting dari hidup yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat membantu memelihara kesehatan otak adalah mengonsumsi kacang kenari.

Setidaknya, ada tiga manfaat yang bisa didapatkan dari kenari untuk kesehatan otak. Berikut ini adalah ketiga manfaat tersebut, seperti dilansir LiveStrong, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga

 

Kaya Antioksidan

Dokter dari Audiology Research, Elliana Rose MD, mengungkapkan bahwa kacang kenari kaya akan fitokimia, di mana sebagian di antaranya adalah flavonoid dan polifenol.

"(Flavonoid dan polifenol) telah diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan penting bagi kesehatan otak dan pemuluhan cedera," ungkap Dr Rose, seperti dilansir LiveStrong, Rabu (13/7/2022).

Menurut sebuah studi berskala kecil dalam Nutrition Journal, konsumsi kenari dapat meningkatkan aktivitas antioksidan setelahakan dan menurunlan kerusakan oksidatif dari kolesterol LDL. Mengacu pada Harvard Health Publishing, menjaga kadar kolesterol LDL dalam batas normal dan menjaga peradangan dalam kondisi terkontrol bisa menekan risiko serangan jantung dan strok.

 

Menekan Risiko Penyakit Alzheimer

Menurut studi, faktor gaya hidup termasuk pola makan bisa membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Studi berbasis sel salam jurnal //Nutrients// ini mengungkapkan bahwa minyak kenari dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif, meningkatkan fungsi sel-sel tersebut, dan menghambat terbentuknya penanda perkembangan Alzheimer yang dikenal dengan sebutan beta-amyloid. Hasil studi ini masih berupa temuan awal, namun dapat menunjukkan adanya potensi kenari dalam pencegahan Alzheimer.

Kenari juga merupakan satu-satunya kacang yang dapat memberikan asupan asam alfa linolenat yang merupakan jenis dari omega 3. Satu ons kacang kenari mengandung 2,5 gram asam lemak pmega 3. Asam lemak omega 3 rantai panjang diketahui berpotensi memperbaiki inflamasi tingkat rendah pada penyakit Alzheimer tahap awal menurut studi dalam Biomed Research International.

 

Memelihara Daya Ingat

Konsumsi kenari, meski di usia lanjut, bisa membantu memperbaiki daya ingat. Manfaat ini bersumber dari kandungan asam oleat pada kenari. Asam oleat diketahui berkaitan dengan perbaikan daya ingat dan transmisi sinapsis.

Studi dalam The Journal of Nutrition, Health, and Aging menemukan bahwa konsumsi kenari sebanyak kurang dari satu genggam per hari dapat membuat fungsi kognitif menjadi lebih baik. Fungsi kognitif ini juga meliputi daya ingat.

 

Jumlah Konsumsi Kenari yang Dianjurkan

Mengacu pada beberapa studi, manfaat kesehatan bisa didapatkan dari mengonsumsi kacang kenari sebanyak 1 ons hingga 1 cangkir per hari. Meski kaya akan antioksidan dan bergizi, kenari juga padat kalori di mana salam 1 onsnya terkandung 186 kalori. Oleh karena itu, konsumsi kenari juga perlu dibatasi agar tidak berlebihan. Konsumsi kenari bisa dilakukan dalam banyak cara, mulai dari menaburkannya di dalam oatmeal, menambahkannya ke dalam granola, hingga mencampurnya dalam yogurt, adonan roti, atau salad.

 

Tips Lain

Tentu mengonsumsi kenari saja tidak cukup untuk menunjang kesehatan otak. Diperlukan beberapa upaya lain juga untuk memelihara kesehatan otak. Beberapa upaya tersebut menurut National Institutes of Health ialah bergerak aktif, menjaga pola makan sehat, dan melakukan aktivitas yang mengasah otak dan pikiran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement